Tips, Trik, dan Tutorial

Apa Itu OM-SPAN? Ini Penjelasan dan Cara Aksesnya

CIANJURTODAY.COM – Pemerintah kini melakukan banyak cara agar pemberdayaan bantuan sosial dapat berjalan lancar. Berupaya menghapuskan kemiskinan yang terjadi di negara kita, menjadi salah satu target utama kementrian sosial. Salah satu programnya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah berjalan sejak 2007.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan sosial dengan bersyarat, hanya diberikan pada KM atau Keluarga Miskin yang ditetapkan sebagai penerima manfaat PKH. Selain itu PKH juga disalurkan untuk para penyandang disabilitan, dan Lansia( lanjut usia) sebagai sarana mempertahankan taraf kesejahteraan sosial. Sesuai dengan amanat konstitusi dan nawacita Presiden RI.

Saat ini pemerintah terus mengupayakan berbagai cara, agar bantuan sosial PKH ini mampu sampai kepada tangan yang tepat dengan waktu yang tepat pula. Karena sempat terjadinya penyangkutan dana bansos PKH yang gagal transfer, namun tidak segera kembali pada kas negara. Kini diciptkanlah sebuah aplikasi monitoring dengan berbasis web, dipastikan tidak akan ada lagi penyangkutan dana bansos.

Apa itu OM-SPAN?

Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN). Diciptakan Kementerian Keuangan adalah aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui jaringan internet melalui browser web seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox , Google Chrome, dan browser lainnya.

Internet yang digunakan untuk melakukan monitoring transaksi sistem SPAN untuk menyajikan reporting sesuai kebutuhan. Ini mempermudah dan mampu memonitoring proses pengolahan dan PKH hingga sampai pada tangan yang tepat dan dalam waktu tepat pula. Semua terjaga, bisa diawasi, dari proses anggaran sampai ke pelaksanaannya.

OM-SPAN ini merupakan kerja sama antara Kementerian Sosial, Kementerian Keuangan, dan Himbara. Dibuat dalam rangka memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, terinci, dan terintegrasi mengenai implementasi SPAN. Telah diuji sistem kinerjanya oleh kementrian, dengan atas dokumen pengajuan pembayaran melalui aplikasi OM-SPAN. Program ini merujuk pada PER-41/PB/2014 tentang Panduan Penggunaan Online Monitoring SPAN.

Cara mengakses OM-SPAN

Aplikasi OM-SPAN dapat diakses dengan mengakses alamat:
http://spanint.perbendaharaan.go.id/
👆untuk pengguna lingkup Ditjen Perbendaharaan yang mengakses Internet menggunakan proxy Pusintek; dan
http://spanint.kemenkeu.go.id/
👆 untuk pengguna Internet lainnya.

Pengguna mempunyai kode pengguna aplikasi (username) dan kata sandi (password) untuk mengakses aplikasi OM-SPAN. Format permintaan dan SOP pembuatan username dan password tercantum dalam lampiran I dan II Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-41/PB/2014.

Untuk username dan password Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, Kanwil Ditjen Perbendaharaan, dan KPPN diperoleh dengan prosedur sebagai berikut:

1 Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan/Kanwil/KPPN mengajukan permintaan username dan password kepada Direktorat Transformasi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan (Direktorat TP).

2 Direktur TP atau pejabat yang ditunjuk menugasi Administrator Aplikasi OM-SPAN membuat username dan password.

3 Direktorat TP menyampaikan username dan password kepada pihak yang mengajukan permintaan.

Untuk username dan password Satker yang belum mempunyai akses langsung ke SPAN diperoleh dengan prosedur sebagai berikut:

1 Satker mengajukan permintaan username dan password kepada Kepala KPPN setempat.

2 Kepala KPPN menyampaikan Surat Permintaan username dan password dimaksud kepada Direktur TP.

3 Direktur TP atau pejabat yang ditunjuk menugasi Administrator Aplikasi OM-SPAN membuat username dan password.

4 Direktorat TP menyampaikan username dan password kepada KPPN.

5 KPPN menyampaikan username dan password kepada Satker.

User dan password

Untuk username dan password Satker yang sudah mempunyai akses langsung ke SPAN diperoleh dengan prosedur sebagai berikut:

1 Satuan Kerja yang mempunyai akses langsung ke SPAN mengajukan permintaan username dan password kepada Direktorat TP.

2 Direktur TP atau pejabat yang ditunjuk menugasi Administrator Aplikasi OM-SPAN membuat username dan password.

3 Direktorat TP menyampaikan username dan password kepada pihak yang mengajukan permintaan.

Username dan password untuk pihak lainnya yang mempunyai kepentingan dalam implementasi SPAN diperoleh dengan prosedur sebagai berikut:

1 Pejabat lain mengajukan permintaan username dan password kepada Direktur TP.

2 Direktur TP at au pejabat yang ditunjuk menugasi Administrator Aplikasi OM-SPAN membuat username dan password.

3 Direktorat TP menyampaikan username dan password kepada pihak yang mengajukan permintaan.(*)

Penulis: Siti Nurlaela
Diolah dari berbagai sumber

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker