Trending

Apa Itu Split Bill saat Makan di Kencan Pertama? Berikut Penjelasannya

CIANJURTODAY.COM – Kata split bill menjadi ramai diperbincangkan saat makan di kencan pertama, lantas apa artinya itu? Berikut penjelasannya.

Split bill adalah istilah yang sering muncul dalam kencan dalam konteks bayar membayar makanan.

Bayar membayar adalah hal sensitif ketika dibicarakan, namun juga bisa menimbulkan kesalahpahaman jika tidak ada kesepakatan yang jelas.

Praktik split bill sendiri sebenarnya tidak masalah bagi sebagian besar orang, bahkan ada menjadikannya prinsip.

Namun, untuk beberapa lainnya, split bill bisa menjadi hal yang tidak sopan, karena budaya membuatnya demikian.

Awal Mula Split Bill Ramai di Twitter

Awalnya perkara split bill, atau patungan saat makan di kencan pertama topik yang satu ini jadi perbincangan bahkan mengundang pro dan kontra di Twitter.

Baru-baru ini banyak pengguna Twitter yang sibuk memperdebatkan tentang etika ketika kencan pertama.

Berawal dari cuitan pengguna Twitter @tikotapicokin (22/10/2021), pria yang disapa Jay ini merasa tidak terima saat dituduh pelit, hanya karena dia meminta ‘split bill’ atau patungan saat makan bareng dengan teman wanitanya di Twitter.

“Halo gue orang yang dimaksud dari Tweet masnya. Mau kasih klarifikasi kalau total bill di GIOI Rp329.000, belum ditambah Toby Estate (kafe) sebesar Rp 88.000, ini total bill (tagihan) berdua,” jelas Jay, sambil melampirkan bukti transaksi di kartu debitnya.

Tidak jelas berawal dari mana, namun permasalahan tentang split bill saat makan ini bermula ketika Jay mengajak @maccxelen di Twitter untuk nongkrong bareng.

Jay mengikuti kemauan @maccxelen yang mau makan di restoran GIOI. Mereka pun setuju untuk bertemu di sana, sebelumnya mereka juga mampir ke kafe Toby Estate untuk membeli minuman.

“Selama gue ngajak orang makan, apalagi pertama kali ketemu. Common sense yang gue anut adalah, kamu bayar apa yang kamu mau dengan catatan bagi rata dengan orang tersebut,” sambung Jay sambil melampirkan bukti chat dengan kenalannya lewat DM Twitter, bahwa keduanya mengenal lewat media sosial dan makan di GIOI merupakan pertemuan pertama mereka.

“Sebelum makan di GIOI, kita nunggu antrian di Toby’s Estate dan pesen minuman. Gue pesen Iced Long Black Americano (Rp35.000) dan Macc pesen Ice Peach (Rp45.000) minus tax, totalnya Rp88.800,” ungkap Jay.

Sementara untuk menu makanan yang mereka pesan di GIOI, keduanya setuju untuk memesan porsi sharing.

Mereka memesan Balado Escargot (Rp90.000) dan Pork Cheek (Rp150.000), serta Macc memesan Lychee Tea (Rp42.000), lengkap dengan biaya pajak dan jasa sebesar Rp56.000.

Totalnya Jay menghabiskan uang Rp310.000 di GIOI, ia pun meminta Macc membayar menu minuman yang dipesan serta patungan bayar makanan yang mereka makan.

Macc memang membayar sekitar Rp150.000, tapi setelah itu Jay mulai mendapatkan komplain dan makian dari teman-teman Macc di Twitter yang menganggapnya pelit, karena tidak mau membayar makanan Macc di kencan pertama mereka.

Meskipun Jay membela diri bahwa itu bukan kencan, melainkan hanya pertemuan biasa. Tapi karena hal tersebutlah, banyak netizen di Twitter yang terbagi dalam dua kubu.

Ada yang membela Jay dan mengatakan bahwa split bill atau bayar makanan masing-masing merupakan hal yang lumrah dalam hubungan asmara.

Ada juga yang mengkritik Jay terlalu pelit bahkan tak modal, karena berani mengajak wanita kencan dan makan di restoran tapi tidak mau membayarinya.

“Ya gak gitu konsepnya mas wajah menyeringai dengan mata tersenyum.
Aku malah kalo jalan sama temen atau gebetan sekalipun dia bilang biar gw yg bayar, udahnya tetep aku ganti atau paling gak gantian yang bayar tiap kali diajak jalan. Ga enak juga apa2 dibayarin kek ga mampu bayar sendiri aja,” kata raasa_cokelat.

“Gimana ya bang, tindakan lu benar tapi ga baik. Klo gw ngajak jalan ya gw siap all bills on me. Klo lagi limit tapi ngebet jalan ya bilang bagi 2 di awal misal “km tiket aku dinner”. Perkara dia ga punya manner ya cukup gw yg tau dan gw ga akan nagih & ogah jalan lagi besok2nya,” tulis Seo_Giezt.

“Semangat masnya. Sy tim kalo diajak jalan sama siapapun pasti minta split bill. Mau endingnya patungan atau cowonya yang full bayar sy nda peduli. Yang jelas I’m ready to pay what i eat/drink n buat first date, menurut sy itu basic etiquette/manner. I don’t wanna owe people shit,” ujar karinyoo.

“Gua pikir selama ini selama cowok yang ngajak duluan .. cowok yang bayar penuh .. gua gitu terus soalnya. Kecuali pas udah pacaran kali ya .. ngomong split bils nya enak .. klw baru ketemu .. aneh gak sih??,” cuit onigirichan_9x.

Terlepas dari pro dan kontra yang ada. Pembagian biaya makan atau minum ketika kencan memang masih menjadi isu yang sensitif bagi beberapa pasangan.

Sampai saat ini cuitan klarifikasi dari Jay sudah disukai lebih dari 8,2 ribu kali, diretweet sebanyak 10,5 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1,8 ribu komentar.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button