Gaya Hidup

Arti dan Makna Kata ‘Rungkad’ yang Sedang Populer di Kalangan Milenial

CIANJURTODAY.COM – Kata rungkad kini tengah populer dan menjadi bahasa gaul di kalangan masyarakat milenial. Lalu, apa sebenarnya makna dan arti kata rungkad? Berikut ulasannya.

Rungkad dalam Bahasa Sunda dan bahasa gaul memiliki arti berbeda dengan makna yang sama. Secara keseluruhan, kata ini memaknai suatu hal yang buruk pada kondisinya.

Rungkad atau disebut juga dengan Rongkad sebenarnya berasal dari Bahasa Sunda. Namun, apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, rungkad memiliki arti tumbang hingga akar-akarnya tercabut.

Kata ini biasanya digunakan pada suatu benda besar yang tumbang seperti pohon.

Sedangkan dalam Bahasa Gaul saat ini, kata rungkad kerap dimaknai sebagai suatu kondisi seseorang yang kurang baik, seperti kelelahan hingga sakit atau bahkan tidak punya uang, sehingga tidak mampu melakukan apa-apa.

Kata rungkad dianggap meliputi segala kesulitan yang kerap dirasakan masyarakat. Mereka bisa dengan mudah menjelaskan kondisi buruknya kepada orang lain dengan kata rungkad.

Meski merupakan bahasa daerah, kata rungkad kini terasa lebih milenial, karena dijadikan ungkapan gaul yang relate dengan permasalahan anak muda zaman sekarang.

Nama Ardi Rungkad Ikut Populer

Mengutip harapanrakyat.com, kata rungkad sendiri digunakan seorang TikToker asal Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat bernama Ardi Andika alias Ardi Rungkad.

Nama Ardi Rungkad populer setelah ia mengunggah sebuah curhat dengan menggunakan Bahasa Sunda terkait bantuan sosial (bansos) di akun TikTok miliknya, @ardi_andika11.

Ardi mengatakan, saat ini pemerintah sedang bagi-bagi bansos. Namun menurutnya, aksi tersebut hanya sebagai pencitraan saja.

Seperti yang dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum. Ardi mengatakan, ia tidak pernah datang ke Pangandaran untuk bagi-bagi bansos, padahal Pangandaran juga termasuk wilayah Jawa Barat.

“Sering lihat itu Wakil Gubernur Jawa Barat suka bagi-bagi bansos ke ornag yang di jalan,” kata Ardi.

“Tapi kenapa saya tidak melihat ada yang bagi-bagi bansos di Pangandaran,” lanjutnya.

Ia pun meminta Wagub Jabar tidak pilih kasih. “Harusnya rata, soalnya saya juga sama warga Jawa Barat,” katanya lagi.

Tak disangka, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum benar-benar mendatangi Ardi Rungkad di Kecamatan Cimerak, Minggu (8/8/2021). Kedatangannya, hampir tidak diketahui awak media.

Sejumlah foto pun memperlihatkan Ardi bersama Wagub Jabar tersebar di media sosial. Dalam foto tersebut terlihat Ardi dan Wagub Jabar membagikan bansos di Kecamatan Cimerak.

(ega/sis)

Sumber : sikalem.com

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button