Gaya Hidup

Arti Mimpi Ular, Bisa Baik atau Buruk

Arti mimpi ular berdasarkan tafsir Muhammad Ibn Sirin (w.110 H). Mimpi merupakan hal yang sering kita alami. Meski terjadi saat kita tertidur dan merupakan bunga tidur, namun tak jarang mimpi dikaitkan dengan kehidupan nyata.

Beberapa mimpi dipercaya memiliki tanda-tanda tertentu yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Berdasarkan sabda Rassullulah SAW, mimpi dapat menjadi media untuk mengukur kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga maka semakin benar mimpi dalam tidurnya.

إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُؤْمِنِ أَنْ تَكْذِبَ وَأَصْدَقُهُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُهُمْ حَدِيثًا وَالرُّؤْيَا ثَلاَثٌ فَالرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ بِهِ الْمَرْءُ نَفْسَهُ فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ وَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا النَّاسَ

“Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada 3, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah, mimpi yang buruk yang berasal dari setan dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri, maka apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci hendaklah ia bangun sholat dan tidak menceritakannya kepada orang lain.” (HR. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim)

Arti Mimpi Ular

Dikutip Cianjur Today dari sebuah kitab yang berjudul Tafsir Al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya, karya Muhammad Ibn Sirin (w.110 H). Dalam bukunya tertulis jika seseorang mimpi bertemu dengan ular, dalam bahasa Arab disebut dangan “hayyah” bentuk jamaknya adalah hayyaat.

Kata “hayyat” memiliki makna yang sama dengan kata hidup yang dalam. Dalam ilmu tafsir, ular di dalam mimpi adalah simbol dari musuh, negara, harta, perempuan atau anak, atau sumber-sumber kehidupan lainnya.

Ada banyak situasi mimpi yang berkaitan dengan ular dan memiliki makna yang berbeda.

Jika bermimpi bertemu ular yang sangat besar (tsa’baan) namun yang bermimpi tidak takut menghadapinya, itu berarti ia akan memeroleh kekuatan (Quwwah) dan kekuasaan (Dawlah).

Jika seseorang bermimpi sedang memasukkan ular ke dalam rumahnya, maka hal itu menunjukkan adanya musuh yang ingin berbuat buruk kepadanya. Namun jika dalam mimpi tersebut, ularnya berhasil ditangkap kembali, maka orang yang memimpikan hal tersebut akan memeroleh keuntungan dari orang yang jahat kepadanya.

Hal ini disimpulkan Ibn Sirin berdasarkan
dengan firman Allah:

قَالَ خُذۡهَا وَلَا تَخَفۡۖ سَنُعِيدُهَا سِيرَتَهَا ٱلۡأُولَىٰ – ٢١

“Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula.” (QS. Thaha: 21)

Arti Mimpi Ular Sesuai Ukurannya

Masih dalam kitab yang sama, mimpi ular tidak hanya berarti negatif. Namun mimpi ular juga dapat berarti kebaikan pada kita. Hal ini dapat dilihat dari ukuran ular yang muncul dalam mimpi kita.

Ular juga dapat diartikan sebagai jelmaan dari anak manusia. Jika seseorang bermimpi ular yang berukuran kecil, yang tiba-tiba keluar dari saluran kencing, menurut Ibn Sirin adalah bahwa ia akan dikaruniai seorang anak.

Tidak hanya itu, ular juga merupakan simbol dari perempuan. Jika seorang suami bermimpi memukul ular dan memotong-motongnya menjadi tiga bagian, maka dalam kehidupan nyata ia akan men-thalaq istrinya sebanyak tiga kali.

Selanjutnya jika seseorang bermimpi membunuh seekor ular, itu bermakna ia akan menikahi seorang perempuan. Hal ini sesuai dengan sebuah riwayat. Saat ini Ibn Sirin pernah ditanya terkait mimpi membunuh ular.

  • Fulan: “Aku bermimpi melihat seekor ular yang berlari dan aku mengikutinya, lalu ia masuk ke dalam lubangnya, saat itu aku tengah memegang sekop lalu aku menutup lubang tersebut dengan sekop.”
  • Ibn Sirin: “Apakah kamu sedang melamar seorang perempuan?”
  • Fulan: “Iya.”
  • Ibn Sirin: “Sebentar lagi engkau akan menikahinya dan memeroleh warisan darinya.”

Kemudian tak lama fulan tersebut menikahi perempuan itu, dan kemudian perempuan tersebut meninggal dunia serta meninggalkan warisan sebesar 7000 dirham.

Itulah tafsir atau arti mimpi ular, ada banyak versi mimpi ular dari ulama lainnya. Semoga bermanfaat!(ega/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami