Olahraga

Asia Talent Cup 2021 Mandalika Akhirnya Diundur Minggu Depan Bareng WSBK

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Balapan Asia Talent Cup 2021 Mandalika yang sebelumnya dikabarkan dibatalkan karena alasan teknis, akhirnya menemui titik terang.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo menegaskan, balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat hanya diundur beberapa hari dan tidak dibatalkan.

Balapan yang seharusnya digelar pada Minggu (14/11/2021), diundur hingga pekan depan mulai 19 hingga 21 November 2021, bersamaan dengan gelaran World Superbike (WSBK).

“IMI selaku regulator olahraga otomotif di Indonesia, anggota federasi balap motor Internasional atau Federation Internationale Motocyclisme (FIM) melalui Wakil Ketua Umum IMI Bidang Roda Dua, Sadikin Aksa telah mendapat konfirmasi dari pihak Dorna Sports dan Mandalika Grand Prix Ascosiation (MGPA), bahwa putaran final IATC 2021 yang terdiri atas empat balapan akan tetap berlangsung dari 19 hingga 21 November mendatang,” ujarnya di Jakarta (14/11/2021).

Diberitakan sebelumnya, balapan IATC 2021 yang sedianya digelar di Sirkuit Mandalika pada Minggu (14/11/2021) batal digelar karena pihak sirkuit tak mampu memenuhi aspek minimum keselamatan.

“Saya yang bertanggung jawab, sebagai Ketua Umum IMI selaku regulator yang mewakili Federasi olahraga otomotif dunia di Indonesia. Kita akan segera memenuhi kelengkapan aspek keselamatan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan FIM,” tegas pria yang karib disapa Bamsoet tersebut.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, sesuai peraturan The Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), seharusnya terdapat setidaknya delapan orang marshal di setiap pos.

“Inilah yang akan kami lengkapi,” tambah Bamsoet.

Pihak Asia Talent Cup 2021, menegaskan, bahwa masalah itu kini telah selesai ditangani demi balapan yang harus berlangsung aman bagi pembalap.

“Dorna Sports, bersama dengan MGPA telah mengkonfirmasi bahwa final musim ATC terdiri dari empat balapan dan akan berlangsung dari 19 hingga 21 November, bersama kejuaraan World Super Bike,” kata Bamsoet.

Fakta Dibatalkannya IATC 2021

  1. Kurangnya Tenaga Marshal

Pihak Dorna meminta setidaknya ada 8 marshal di setiap pos yang telah disebarkan di sepanjang sirkuit.

Marshal merupakan pekerja sukarela yang disiapkan di posisi tertentu di sepanjang sirkuit. Tugas utama mereka adalah untuk mengamankan jalannya balapan.

Termasuk membantu pebalap yang terjebak di run-off atau terjatuh dan kejadian tak terduga lainnya.

Kurangnya personel marshal membuat IATC urung digelar di Sirkuit Mandalika.

  1. Penonton Kecewa

Pengumuman pembatalan balapan membuat penonton yang sangat antusias kecewa. Sehingga masyarakat yang memenuhi tribun bagian barat sirkuit pulang dengan penuh kekecewaan.

Seperti pria bernama Ezy, asal Lombok Tengah mengaku sangat kecewa. Sejak pukul 11.00 Wita, dia sudah datang antre dan menunggu untuk menonton balapan.

Tapi hingga pukul 16.00 Wita, balapan yang ditunggu-tunggu tidak ada. Warga pun harus pulang dengan rasa kecewa.

Karena sejak pagi dia sudah membayangkan bisa menonton balapan secara langsung.

“Kami selaku warga lokal sangat kecewa,” tegasnya.

Ezy sudah mengikuti semua prosedur pemeriksaan kesehatan dan keamanan. Mentaati protokol kesehatan, hingga ketentuan tidak membawa makanan.

Selama berjam-jam menunggu dia tidak tahu harus membeli makanan di mana. Sehingga mereka dalam kondisi lapar menunggu balapan.

“Dibatalkan tanpa ada komunikasi, kita tidak tahu alasannya. Masyarakat tidak ada yang tahu mau beli makanan dimana, mau beli nasi di mana?” ucapnya.

Jika memang dibatalkan, harusnya ada informasi lebih awal, sehingga mereka tidak terlalu kecewa.

“Menurut saya ini momen kebahagiaan masyarakat lokal yang di mana ini kan gratis,” imbuhnya.

  1. Klarisifikasi Pihak Penyelennggara

Ketua Pelaksana Panitia Daerah WSBK dan MotoGP Pemprov NTB, Ahmad Nur Aulia menjelaskan, masyarakat memang sangat antusias menonton balap ATC.

Tapi masyarakat harus memaklumi, sebuah balapan dilaksanakan dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan.

Dia berharap kejadian seperti itu tidak terjadi lagi.

  1. Ditunda Pekan Depan

Kepala Pemasaran Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Aji Aditra Perdana di lokasi menjelaskan, balapan Asia Talent Cup tersebut tidak dibatalkan tapi ditunda.

“Ini tidak dibatalkan tapi di-reschedule ke minggu depan,” ucapnya.

Seri tiga balap Asia Talent Cup Mandalika 2021 akan dijadwalkan ulang minggu depan.

“Sebenarnya kita punya empat race dua minggu ini dan dua minggu depan, tapi kita nanti akan satukan minggu depan, empat race langsung,” sebutnya.

(sis)

Sumber: Tribunnews

Berikan Komentar Kalian

Back to top button