Gaya Hidup

Atasi Cyber Bullying, Instagram Hadirkan Fitur Restrict

CIANJURTODAY.COM, Techno – Instagram hadirkan fitur baru bernama Restrict. Fitur ini dibuat untuk mengurangi jumlah cyber bullying atau pembulian pada sosial media yang marak terjadi.

Instagram memang telah banyak diketahui sangat peduli terhadap kesehatan mental para penggunanya. Setelah sebelumnya, instagram juga  menghapus iklan pelangsing badan.

Mencegah maraknya cyber bullying di Instagram, fitur baru ini akan melindungi pengguna dari komentar maupun pesan yang bersifat negatif.

Dirancang Untuk Membatasi Komentar Negatif dan Bullying

Dalam sebuah keterangan resminya, Instagram mengatakan, setelah mendapat komentar negatif banyak orang terutama para remaja merasa sungkan untuk melapor. Selain itu mereka juga sungkan memblokir orang yang memberikan komentar dan pesan negatif pada dirinya.

“Instagram Restrict adalah fitur batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” kata juru bicara Instagram dalam keterangan resminya seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Cara menggunakan fitur ini, pengguna bisa menggeser ke kiri pada komentar yang tak diinginkan. Setelah itu pilih opsi Batasi atau ‘Restrict’. Kemudian, komentar dari akun tersebut hanya akan dilihat oleh dirinya sendiri.

Jika anda ingin membatalkan fitur batasi ini anda dapat memilih opsi batalkan batasi atau “unrestrict”. Setelah itu, pemilik akun dan orang lain tidak dapat melihat komentar tersebut.

Instagram juga akan memberikan kebebasan bagi pengguna untuk dapat melihat komentar tersebut dengan memilih opsi “Lihat Komentar”.

Kampanye Anti Bullying di Instagram

Tidak hanya pada kolom komentar, fitur ini juga dapat berfungsi pada pesan langsung atau direct message (DM). Saat anda membatasi seseorang di Instagram, pesan yang dikirim oleh orang tersebut akan menjadi  message request.

Orang yang anda batasi juga tidak akan bisa melihat laporan telah dibaca atau ‘seen’ meski anda telah membacanya dan tidak akan menampilkan tanda aktif. Pengguna benar-benar tidak akan menerima notifikasi dari akun-akun yang telah dibatasi sebelumnya.

Selain itu Instagram juga menghadirkan stiker dengan tulisan “Create Don’t Hati”. Ini dilakukan dalam upaya mengampanyekan anti-bullying, Instagram ingin mengajak para penggunanya agar terbebas dari aksi cyber bullying. (ct2)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami