Today

Awas Kejahatan Jalanan, Nih Tiga Tips dari Polres Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sat Reskrim Polres Cianjur mengimbau masyarakat waspasa kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas) di jalanan. Polisi berharap masyarakat memiliki kemampuan untuk menghindari kejahatan.

Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Niki Ramdani, mengatakan, curas di jalan bisa terjadi kepada siapa saja. Agar dapat terhindar dari kejahatan itu, Niki pun membagikan tips kepada masyarakat agar bisa terhindar dari curas jalanan.

“Pertama itu, dengan cara tidak bepergian sendirian. Dengan kita membawa teman dalam melakukan perjalanan maka pelaku kejahatan akan berpikir ulang untuk melakukan kejatan,” tuturnya kepada Cianjur Today, Kamis (30/01/2020).

Selain itu, Niki pun mengatakan, ketika berpergian masyarakat diimbau untuk tidak menggunakan atau pun memperlihatkan barang-barang berharga. Ia menyebut, pelaku tidak selalu merencanakan kejahatannya.

“Niat kejahatan tersebut juga bisa muncul seketika ketika melihat korban membawa atau memperlihatkan barang-barang yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia pun menuturkan, masyarakat diimbau untuk menghindari jalan-jalan yang sepi. Ia mengungkapkan, jalanan yang sepi dapat memungkinkan adanya pelaku kejahatan yang hendak melancarkan aksinya.

“Karena pada dasarnya pelaku kejahatan juga tidak ingin aksinya tertangkap atau diketahui oleh banyak saksi,” kata dia.

Terakhir, ia mengimbau kepada masyarakat yang sedang berpergian untuk tidak mudah mempercayai orang asing atau orang yang baru saja dikenal. Sebab, Niki menyebut, ada modus pencurian dengan pura-pura minta tolong.

“Pelaku kejahatan juga ada yang mengawali aksinya dengan berkomunikasi, berpura-pura minta tolong atau mengenal salah satu kerabat kita atau calon korban.” pungkasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button