Today

Ayam Warga Kerap Hilang, Ternyata jadi Santapan Ular Sanca Seberat 17 Kilogram

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Misteri hilangnya ayam peliharaan warga Kampung Situburung, Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, akhirnya terjawab. Pasalnya, ular sanca berukuran besar berhasil ditemukan di perkebunan warga, pada Sabtu (19/6/2021).

Ketua RW Dadang (43) mengatakan, warga menemukan ular tersebut ketika hendak memotong rumput di kebunnya.

“Beberapa hari sebelumnya banyak warga melaporkan kehilangan ayam peliharaan mereka. Diduga ular tersebut adalah penyebabnya,” ujar Dadang kepada Cianjur Today, Senin (21/6/2021).

Dadang mengatakan, bahwa penemuan ular tersebut merupakan ketiga kalinya. Namun kali ini ukurannya lebih panjang dan besar.

“Evakuasi ular tersebut kami serahkan ke pawang ular untuk dilepasliarkan jauh dari pemukiman warga. Karena di sini sudah banyak warga yang kehilangan ayam,” jelas Dadang.

Warga setempat yang menemukan ular sanca tersebut, Encud (60) mengaku kaget saat menemukan ular berukuran besar sedang melingkar di area kebun miliknya.

“Saya lagi menyabit rumput, lalu kaget melihat ada ular. Kemudian saya cepat-cepat menghubungi warga lainnya dan Pak RW langsung menelepon pawang ular (Iwan Donking) untuk mengevakuasi ular tersebut,” ungkapnya.

Sebelum berhasil dievakuasi, ular sanca tersebut sempat menjadi tontonan warga sekitar. Tak sedikit yang mengabadikan momen langka tersebut dengan mengambil foto dan video.

Sementara itu, pawang sekaligus pecinta reptil, Iwan Donking (40) mengatakan, bahwa ular tersebut berukuran kurang lebih lima meter dengan berat 17 kilogram.

“Nanti ular ini akan dilepasliarkan lagi ke habitatnya yang jauh dari pemukiman warga,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button