Today

Bacaan Niat Zakat Fitrah Jangan Sampai Salah! Lihat Pelafalannya di Sini

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Bacaan Niat Zakat Fitrah wajib untuk umat muslim ketahui mendekati perayaan Hari Raya Idul Fitri. Karena umat muslim harus menyelesaikan kewajibannya tersebut sebelum lebaran. Zakat fitrah merupakan amalan yang bersifat wajib atau Fardhu Ain sebagaimana hadits Rasulullah yang diriwayatkan Bukhari – Muslim berikut.

“Rasulullah mewajibkan (muslim) mengeluarkan Zakat Fitrah (saat Ramadan kepada setiap manusia).” (HR. Bukhari – Muslim).

Dari hadits di atas, umat muslim baik pria maupun wanita wajib menunaikan zakat fitrah. Pelaksanaanya dapat umat muslim lakukan menjelang hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Jenazah Terlengkap

Kemudian, saat membayar zakat fitrah tentunya harus sesuai dengan rukunnya. Termasuk membaca lafal niat terlebih dahulu. Dalam niat zakat fitrah, bisa dilakukan untuk diri sendiri, istri, anak, hingga seluruh keluarga.

Ulasan lengkap tentang bacaan niat zakat fitrah akan kita ulas melalui tulisan di bawah ini. Melansir dari laman NU Online, berikut bacaan niat fitrah untuk diri sendiri lengkap disertai artinya.

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Pada dasarnya, zakat fitrah merupakan kewajiban masing-masing muslim. Artinya niat zakat fitrah untuk diri sendiri harus diucapkan sendiri. niat fitrah untuk diri sendiri dapat anda lihat di bawah,

Nawaitu an ukhrija zakaatal-fitri ‘annafsi fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Niat Fitrah untuk anggota Keluarga

Salah satu keindahan dan kemudahan ajaran islam, melaksanakan zakat fitrah, seorang muslim bisa mewakilkannya untuk keluarga. Berikut ini bacaan niat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga,

Nawaitu an ukhrija zakaatal-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Niat Fitrah untuk Istri

Selain itu, bagi seorang suami dapat menunaikan zakat untuk istrinya. Untuk pelafalan bacaan niat fitrah bagi suami dan istri yakni sebagai berikut,

Nawaitu an ukhrija zakaatal-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istri saya fardhu karena Allah Taala.”

Niat Fitrah untuk Anak Laki-laki dan Peremuan

Kemudian bagi orang tua yang ingin mewakilkan anaknya dalam membayar zakat fitrah, dapat melafalkan bacaan niat di bawah ini.

Nawaitu an ukhrija zakaatal-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-laki saya (sebutkan nama anak laki-lakinya), fardhu karena Allah Taala.”

Sementara itu, pelafalan niat membayar zakat untuk mewakilkan anak perempuan sebagai berikut,

Nawaitu an ukhrija zakaatal-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuan saya (sebutkan nama anak perempuannya), fardhu karena Allah Taala.”

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Orang Lain

Sebagai agama yang indah, Islam juga memudahakan sesama muslim untuk membantu dalam membayar zakat fitrah. Bagi seorang muslim yang ingin mewakilkan orang lain dalam membayar zakat fitrah. bisa membaca niat di bawah ini.

Nawaitu an ukhrija zakaatl-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat mengeluarkan zakat fitrah untuk (sebutkan nama orang yang diwakilkan), fardhu karena Allah Taala.”

Baca Juga: Niat, Doa, dan Tata Cara Sholat Tahajud

Itu tadi ulasan lengkap mengenai niat zakat fitrah bagi seorang muslim. Jangan lupa untuk membayar zakat fitrah sebelum hari raya Idul Fitri ya.

Berikan Komentar Kalian

Back to top button