Today

Bahas Sumpah Pemuda, Mahasiswa dan Pelajar Dialog di Mapolres Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ratusan pemuda Cianjur berdialog membahas Sumpah Pemuda dengan sejarawan, budayawan, polisi, dan TNI di Aula Mapolres Cianjur, Sabtu (19/10/2019). Mereka berasal dari mahasiswa Unpi, STAI Al-Azhari, STAI NU, STIT Al-Azami, Al-Ittihad, pelajar. Kemudian ada dari organisasi kepemudaan di antaranya HMI, GMNI, PMII, dan IMM.

Narasumber dialog tersebut yaitu budayawan Abah Ruskawan, Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, dan pengusaha drh Cecep.

Ketua Panitia, Dendi Suntara, mengatakan tema yang diangkat dalam dialog tersebut meretas makna sumpah pemuda di hadapan problematika pemuda. Pokok pembahasan bertujuan mempertemukan para pemuda di Cianjur dengan budayawan, pelaku sejarah, birokrat, termasuk pemangku keamanan.

“Konteksnya Sumpah Pemuda, biar pemuda tahu sejarah Sumpah Pemuda seperti apa. Makanya yang didatangkan budayawan dan sejarawan,” paparnya kepada wartawan.

Menurutnya, problem yang dihadapi pemuda saat ini kebanyakan takut salah langkah. Contohnya pergerakan mahasiswa mau kritis tapi takut.

Rektor Universitas Suryakancana, Prof Dr H Dwidja Priyatno SH MH S PN, mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergitas antara dunia universitas dengan Kepolisian Republik Indonesia.

“Saya yakin semuanya akan berjalan baik semoga hasil diskusi panel ini bisa diterapkan untuk kemanfaatan yang lebih baik,” katanya.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto, mengapresiasi pemuda yang dapat menciptakan suasana kamtibmas dan suasana sejuk. “Saya yakin di tangan para pemuda ,Cianjur ini bisa maju. Tinggal bagaimana mengimplementasikan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan,” tuturnya.

Dikusi ini mengambil kesimpulan bahwa pemuda harus mempunyai mental yang kuat, sehat, dan semangat. Selain itu mempunyai daya saing dan optimistis dalam melihat masa depan dan mampu menghadapi problematika dan tantangan.(rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker