Tips, Trik, dan Tutorial

Bahaya! Ternyata Charger HP Seperti Ini Bisa Menimbulkan Kebakaran

CIANJURTODAY.COM – Kebakaran akibat charger HP kerap terjadi. Terakhir sebuah rumah di Kampung Babakan Lapang, RT 07/ RW 01, Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur kebakaran pada Jumat (01/11/2019). Penyebabnya disinyalir karena charger HP yang masih terpasang di colokan listrik. Kok bisa?

Dikutip dari Tribun, seorang ahli dari Institut Kesehatan dan Kehidupan, Perfektur Hyogo, mengatakan penyebab kebakaran dapat terjadi karena adanya keringat atau air dekat colokan charge HP tersebut.

Selain itu, adanya debu campuran yang mengandung zat bahaya di dekat colokan charger dapat memicu terjadinya kebakaran atau hubungan pendek (korsleting).

Nah kali ini Cianjur Today sudah merangkum penggunaan charger yang dapat menimbulkan kebakaran.

1 Meninggalkan HP saat mencharger dalam waktu lama

Saat mengisi ulang baterai HP, disarankan untuk melakukannya di tempat yang mudah terlihat. Kejadian meledaknya Charger bisa terjadi kapanpun. Maka dari itu, anda harus berhati-hati dan terus memantau HP anda saat mencharger.

Pastikan juga untuk tidak terlalu lama saat mengisi baterai karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

2 Menggunakan charger yang tidak sesuai

Penggunaan charger yang sesuai dengan HP kamu juga sangat penting. Mengisi ponsel dengan chargeran berbeda dapat memicu terjadinya kebakaran, karena adanya perbedaan kapasitas baterai ponsel dan arus listrik charger.

3 Hindari mencharger di tempat tidur

Pernah terjadi ponsel terbakar karena tertimbun di balik bantal saat sedang di-charge. Sebaiknya anda menghindari ini, aliran udara yang terhambat karena tertutup bantal akan membuat ponsel kepanasan. Hal ini, bisa memicu ponsel maupun Charger terbakar.

Nah itu dia penyebab Charger dapat meledak. Semoga bermanfaat!(ct2)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker