Info Cuaca

Bakal Lintasi Sulawesi Selatan, Ini Dampak Angin Monsun

CIANJURTODAY.COM – Angin Monsun Asia, akan melintasi wilayah Sulawesi Selatan pada tanggal 10-12 Januari 2020. Hal ini akan mengakibatkan cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang di Sulawesi Selatan.

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan, menjelaskan kondisi angin ini dan dampaknya bagi wilayah yang terlewati. Monsun Asia dapat menyebabkan penambahan massa udara basah.

“Pola pertemuan udara dari laut Jawa hingga Sulawesi dan adanya Madden Julian Oscillation (MJO) fase basah yang bergerak menuju Indonesia bagian tengah. Kondisi dinamika atmosfer tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Apa dan Bagaimana Dampak Angin Munson?

Angin Munson adalah angin yang berhembus secara periodik (minimal 3 bulan), yang memiliki pola berlawanan. Selain itu, angin ini dibagi menjadi dua jenis, yakni angin monsun Asia dan Australia.

Angin Monsun terjadi secara alamiah, yakni karena adanya pergerakan massa udara basah (MGO) di Samudera Hindia yang mengarah ke Timur Indonesia.

Angin Monsun akan mengakibatkan pertumbuhan awan menjadi sangat intens. Akhirnya memengaruhi kecepatan angin dengan ekstrem yaitu hingga 31 knot.

Menurut Kasubdit Pelayanan Bidang dan Jasa BMKG Wilayah IV Siswanto, saat ini posisi angin monsun Asia adalah 0 hingga 5 derajat khatulistiwa sampai 5 derajat lintang utara. Pergeserannya saat ini dari Selat Karimata dan akan berjalan menuju ke Sulsel. (ct2)

Diolah dari berbagai sumber

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker