Olahraga

Balapan IATC dan WSBK Dimulai, Berikut Fakta Menarik Tentang Sirkuit Mandalika

CIANJURTODAY.COM – Setelah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Jumat (12/11/2021) lalu, Sirkuit Mandalika pun menjadi perhatian masyarakat seluruh dunia. Berikut fakta-fakta menariknya.

Selain karena viralnya aksi dibukanya properti motor Ducati oleh oknum MGPA, fakta-fakta lain sirkuit berstandar Internasional ini pun sangat menarik untuk dibahas.

Diresmikan langsung oleh Presiden Joko Wododo di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).

Dengan demikian bisa menggelar berbagai event besar seperti Idemetsu Asian Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) yang akan digelar pada Sabtu-Minggu, 20-21 November 2021.

Lalu apa saja, fakta menarik Sirkuit Mandalika? Berikut informasi yang berhasil Cianjur Today kumpulkan dari berbagai sumber.

  1. Nama Lengkap Sirkuit Mandalika

Penamaannya dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit Balap Internasional Mandalika di Jakarta, Kamis (7/10/2021). Adapun Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

  1. Motif Batik di Sirkuit

Motif batik yang ada di Sirkuit Mandalika merupakan motif yang diambil dari ukiran masyarakat Adat Sasak. Motif ini sering digunakan pada bagian sisi tepi di kain batik, terdiri dari dua garis yang saling berkaitan lalu disusun berulang. Motif ini akan muncul pada tikungan 10, 15, dan 16.

  1. Memiliki 17 Tikungan

Mempunyai 17 tikungan dengan total panjang sirkuit 4,31 kilometer (km).

Selain itu, Mandalika juga memiliki 40 garasi di area paddock. Kapasitas tempat duduk di grandstand tersedia untuk 50.000 penonton, dan area berdiri tersedia untuk 138.000 penonton. Lalu, hospitality suites dengan kapasitas 7.700 pengunjung.

  1. Raih 3 Rekor Muri

Diawal peresmiannya telah mendapatkan 3 rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Pertama, merupakan rekor pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak.

Kemudian, pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), dan yang ketiga yaitu lintasan sirkuit tercepat.

  1. Sirkuit Internasional Pertama di Indonesia

Berdasarkan hasil Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi, Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit internasional pertama di Indonesia.

Memiliki 17 tikungan dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 mengarah ke kiri. Dibangun di atas lahan seluas 100 hektar ini mampu menampung hingga 200 ribu penonton dan 40 garasi tim balap.

  1. Punya Aspal Canggih

Dibekali dengan aspal canggih, yang memiliki panjang mencapai 4,3 ribu kilometer.

Diketahui, menggunakan aspal yang begitu istimewa. PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) mendatangkan aspal istimewa tersebut langsung dari Inggris untuk lapisan paling atas trek.

Aspal ini digunakan dalam sistem pengaspalan metode BIM yang digunakan untuk memenuhi spesifikasi khusus dari sebuah sirkuit inernasional. Selain itu, pembatas berisi angin juga didatangkan langsung dari Jerman. 

  1. Jadi Tuan Rumah Moto GP

Dikabarkan akan menjadi venue balapan MotoGP tahun 2022. Pada perhelatan bergengsi tersebut, para pebalap MotoGP akan menjajal sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,31 km itu dalam GP Indonesia.

Selain Moto GP, dalam waktu dekat Sirkuit Mandalika juga akan menjadi venue ajang balap bergensi lainnya. Yaitu, World Superbike Championship (WSBK) 2021.

Dengan begitu, Indonesia kembali menggelar ajang balap motor bergengsi dunia setelah 24 tahun. Terakhir, Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap internasional pada 1997 silam.

  1. Konsep Street Circuit

Konsep Street Circuit milik Mandalika berbeda dari sirkuit dunia lainnya. Sirkuit Mandalika bisa diakses siapa saja dengan mudah.

Head of Operations dari Sporting Mandalika Grand Prix Association, Dyan Dilato, bagian inner dan outer di Sirkuit Mandalika bisa diakses oleh publik.

Hal ini memungkinkan masyarakat dapat masuk ke bagian inner dan outer. Namun, bukan di trek utamanya ketika sirkuit ini sedang tidak digunakan.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang Sirkuit Mandalika. Semoga bermanfaat!(ega/sis)

Sumber: The Mandalika GP

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami