PENDIDIKAN
Trending

Bangga! SMK Ar-Rahmah Cianjur Sabet Dua Medali Emas di Malaysia

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Tim SMK Ar-Rahmah Cianjur memperoleh dua medali emas dari ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2019. Kompetisi ini digelar oleh Asosiasi Ilmiah Muda Indonesia (IYSA) dan SEGi Callege Campus di Subang Jaya, Kuala lumpur, Malaysia, sejak 2-6 Oktober 2019.

Guru Pendamping SMK Ar-Rahmah Cianjur, Wilda Rahayu, mengatakan WICE merupakan kompetisi internasional yang mencari generasi anak muda kreatif dan inovatif. Tujuan dari penemuan ini dibuat untuk menfaatkan teknologi dalam mendukung aspek-aspek kebudayaan.

“Dengan penemuan ini, aspek-aspek kebudayaan tersebut disesuaikan dengan perkembangan zaman sekarang yang syarat akan teknologi,” paparnya saat diwawancara, Selasa (8/10/2019).

SMK Ar-Rahmah menurunkan tim dengan empat orang siswa dalam ajang ini. Di antaranya Silvia Nurrobinti kelas XI TKJ, Afiba Aisyah kelas X BDP, Dede Irsan kelas X TKRO, dan Fajar Pahmi kelas XI TKJ.

“Kita ikut kompetisi ini untuk kategori teknologi dan komputer,” terangnya.

Menurut Wilda, temuan ini diberi subjek “Cultural catalog with utilization of Iot”. Jadi memanfaatkan teknologi kinect yang biasanya dipakai untuk main game.

“Kami pakai sebagai alat-alat pembaca gerak digabungkan dengan pemanfaatan internet,” ungkapnya.

Ada delapan negara yang mengikuti kompetisi ini. Di antaranta United Kingdom, Korea Selatan, Turki, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Kepala SMK Ar Rahmah, Halida Indriati, bangga, bahagia, dan terharu atas prestasi anak didiknya itu. Dari awal pihaknya mempersiapkan lomba Wice ini dan tidak terpikirkan akan mendapat medali.

“Tim harus menampilkan yang terbaik, padahal kita belum tahu model lomba tingkat internasional seperti apa. Masih meraba-raba karena ajang Wice ini pengalaman pertama kami,” tuturnya.

Ia berharap, prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Khususnya pelajar untuk meningkatkan kemampuan dalam berinovasi, kreatif dalam pengembangan Iptek dan tidak berhenti bermimpi.

“Ciptakan karya yang luar biasa untuk kemanfaatan umat manusia,” pungkasnya.(yan)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan