Today

Banjir Lumpur di Cibeber Diduga Akibat Proyek Perumahan

CIANJURTODAY.COM, Cibeber – Banjir lumpur yang terjadi di Kampung Cibako, Desa Cipetir, Kecamatan Cibeber, Sabtu (12/10/2019) diduga merupakan dampak dari pelaksanaan cut and fill lahan bukit. Akibatnya, sistem drainase pun sampai tidak mampu untuk menahan debit air yang besar.

Warga setempat, Rachmat Prasetia (38) mengatakan, banjir lumpur tersebut diakibatkan oleh adanya pelaksanaan cut and fill atau meratakan tanah dengan alat berat untuk proyek pembangunan perumahan.

“Banyak pohon yang ditebang hingga lahan gundul, akibatnya ketika hujan terjadi erosi tanah,” paparnya kepada Cianjur Today.

Selain itu, Rachmat pun menuturkan, banjir lumpur itu terjadi ketika turun hujan deras tadi sore sekitar pukul 16.00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun sebagian rumah warga dan jalan utama Cibeber tergenang lumpur.

Untuk saat ini, penanganan yang dilakukan oleh pihak pengelola perumahan adalah menurunkan alat berat untuk mengeruk lumpur yang menutupi badan jalan.

Akibatnya, jalanan menjadi licin dan warga pun diimbau untuk berhati-hati ketika melintasi jalan tersebut. Rachmat mengimbau, masyarakat lebih baik menggunakan Jalan Cisalak sebagai alternatif.

“Diimbau bagi para pengendara untuk hati-hati melintas jalan ini. Sementara untuk menghindari lumpur yang licin sebaiknya pengendara melewati jalan Cisalak,” kata dia.

Banjir lumpur tersebut, lanjut Rachmat, baru kali ini terjadi di daerah Cibeber. Untuk sementara, pihak pengelola harus menghentikan proyek pembangunan perumahan itu.

Rachmat berharap, ada solusi yang pasti sehingga tidak terjadi lagi peristiwa banjir lumpur di Cibeber tersebut.

“Berharap, semoga ada solusi yang pasti sehingga tidak terjadi lagi banjir lumpur didaerah ini,” tandasnya.

Hingga saat ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur belum memberikan informasi mengenai penyebab pasti banjir lumpur tersebut.(yan)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button