Today

Banjir Rendam Tiga Desa di Cianjur, Irigasi Jebol Langsung Dipasangi Bronjong

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Banjir merendam tiga desa dari dua kecamatan di Kabupaten Cianjur, Minggu (7/11/2021) malam. Penyebabnya karena irigasi jebol hingga tidak mampu menahan debit air saat hujan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Labis menjelaskan, daerah yang terkena banjir adalah Kampung Lio RT 01/RW 01 Desa Sindangraja, Kecamatan Sukaluyu. Di sana ada 10 keluarga yang terdampak.

Lokasi kedua yakni di Kampung Lio RT 01/RW 08 Desa Ciherang Kecamatan Karangtengah dengan 30 keluarga yang terdampak.

Terakhir, Kampung Sukasirna RT 01/RW 03 Desa Sukasirna Kecamat Sukaluyu dengan jumlah terdampak 5 keluarga. Mereka merupakan keluarga yang rumahnya terendam banjir.

“Alhamdulillah saat ini masyarakat sudah berada di rumahnya masing-masing karena banjir sudah surut,” kata dia kepada Cianjur Today, Senin (8/11/2021).

Totak ada 45 keluarga yang terdampak banjir. Ia mengatakan kerugian berupa perabotan rumah tangga, pakaian, dan tempat tidur dengan jumlah sekitar Rp20 juta.

Tidak hanya itu, banjir pun merendam puluhan hektar lahan sawah yang ada di tiga lokasi tersebut.

“Di Desa sindangraja 20 Hektar, Desa Sukasirna 10 Hektar, dan Desa Ciherang 25 hektar,” ungkap dia.

Ia menuturkan, Irigasi Beber yang jebol di Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah itu kini dipasangi bronjong. Sebagai tindak lanjut, tim pun aktif berkoordinasi dengan pihak desa melalui telepon dibantu Retana desa.

“Hasil koordinasi dengan Kepala Desa Ciherang, UPTD WS Citarum memasang bronjong di irigasi dengan panjang lebar 15 meter tinggi 3 meter,” ucap dia.

Ia berharap dengan dipasangnya bonjong dapat mencegah banjir susulan di dua kecamatan di Kabupaten Cianjur itu.

“Mudah-mudahan tidak ada hujan deras. Tapi, di Cianjur banjir itu biasanya hanya lewat, bisa langsung surut,” tuturnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami