Today

Banjir Setinggi 4 Meter Terjang Ratusan Rumah di Sindangbarang Cianjur Selatan

CIANJURTODAY.COM, Sindangbarang – Sejumlah rumah di lima desa yang berada di Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur terendam banjir setinggi 4 meter, Jumat (23//9/2022). Akibatnya sejumlah barang rumah tangga terendam.

Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun banjir tersebut tak kunjung lama, hingga saat ini banjir tersebut berangsur surut.

Kapolsek Sindangbarang, Iptu Dadang Rustandi membenarkan bahwa telah terjadi bencana banjir di sejumlah desa di Sindangbarang semalam.

“Betul kang, terjadi bencana banjir di wilayah kami pada malam tadi. Tapi saat ini sudah mulai surut,” ungkap dia, saat dihubungi sambungan seluler, Sabtu (24/9/2022).

Menurutnya, adapun sejumlah desa yang terendam banjir di antaranya, Desa Girimukti, Desa Muaracikadu, Desa Saganten, Desa Sirnagalih, Desa Jayagiri.

Kapolsek mengungkapkan, kejadian tersebut akibat hujan deras yang menyebabkan banjir hingga mencapai 4 meter di titik tertentu, dan merendam rumah warga dan fasilitas umum lainnya di titik tertentu.

“Sehingga banjir tersebut akibat luapan sungai Cisadea dan sungai Cikadu sehingga merendam ratusan rumah warga di Lima Desa di Sindangbarang,” ucap dia.

BACA JUGA: Belasan Rumah di Cianjur Selatan Terdampak Banjir Setinggi Satu Meter

Kapolsek menjelaskan, kejadian tersebut merupakan banjir tahunan setiap musim hujan dan sudah menjadi langganan, dan untuk banjir besar sekali terjadi setiap lima tahun sekali dan terakhir banjir besar tahun 2017.

Adapun jumlah keseluruhan rumah warga yang terdampak banjir besar di Sindangbarang, masih dilakukan pendataan oleh pihak Desa, dan dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, “hanya saja sejumlah barang-barang elektronik warga rusak,” ujarnya.

“Saat ini warga sangat membutuhkan bahan makanan atau dapur umum dan pakaian kering, terutama keperluan anak-anak,” paparnya.

Kapolsek menambahkan, banjir tersebut sudah surut pada Sabtu jam 03.00 Wib, “dan warga pun saat ini sedang membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah serta peralatan rumah tangganya,” tutup dia.(ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks