Today

Bansos Sembako BPNT Rp600 Ribu Cair, Datang Segera ke Kantor Pos Terdekat!

CIANJURTODAY.COM – Bantuan sosial (Bansos) sembako BPNT 2022 Rp600 ribu cair dan sudah disalurkan melalui Kantor Pos Indonesia.

Kementerian Sosial menyebut, bahwa bansos sembako BPNT Rp200 ribu sudah cair sejak 22 Februari 2022 untuk penyaluran Januari hingga Maret. Artinya, setiap penerima akan mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu.

Penyaluran bansos sembako BPNT Rp600 ribu dilakukan sebagai bentuk percepatan agar masyarakat dapat segera mendapat manfaat dari bantuan.

Baca Juga: Kepala Dinsos Cianjur Sebut Pengurangan Jumlah KPM BPNT Karena Ada Data Ganda

Pembayaran dilakukan PT Pos Indonesia dengan tiga pola, yaitu komunitas (disalurkan di kecamatan atau di desa masing-masing), pembayaran langsung di Kantor Pos, dan diantar ke alamat penerima.

Selain itu, PT Pos Indonesia akan berkoordinasi langsung ke Dinas Sosial, kecamatan, desa/kelurahan sesuai wilayahnya masing-masing. Untuk koordinasi terkait mekanisme, tempat penyaluran, dan jadwal penyaluran.

Data KPM BPNT akan turun per termin, di mana saat ini baru turun sebanyak 7,7 juta dari 18,8 juta KPM BPNT se-Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan informasi yang disampaikan melalui surat edaran Kemensos Dirjen Penanganan Fakir Miskin pada 18 Februari 2022.

“Sementara untuk percepatan salur bansos, khusus untuk Program Sembako disalurkan melalui PT Pos rapel Januari-Maret. Salur sembako disalurkan mulai tanggal 22 Februari 2022,” tulis Kemensos.

Penerima bantuan akan mendapatkan undangan dari aparat pemerintah setempat untuk melakukan pengambilan bansos sembako BPNT Rp600 ribu di Kantor Pos Indonesia.

Undangan yang diberikan wajib dibawa oleh penerima sebagai bukti mendapatkan Bansos Sembako BPNT. Masyarakat dapat hadir di Kantor Pos Indonesia sesuai jam yang tertulis dalam undangan agar tidak menimbulkan kerumunan.

Baca Juga: Login Cekbansos.kemensos.go.id untuk Tahu Penerima PKH, BST, dan BPNT

Cara Cek Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id

Sebelum itu, masyarakat juga dapat secara mandiri melakukan cek penerima di link online cekbansos.kemensos.go.id pakai KTP sebagai berikut:

  1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Kemudian nama lengkap sesuai dengan KTP.
  4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan refresh jika kode yang muncul kurang jelas.
  5. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Jumlah penerima Bansos Sembako BPNT Rp600 ribu ada sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tercatat dalam link cekbansos.kemensos.go.id sebagai peserta aktif BPNT 2022.

Apabila dalam proses pengecekan atau pencairan mengalami kendala, KPM dapat melaporkan segala bentuk kendala yang dialami melalui alamat email ke [email protected] dengan melampirkan bukti kendala bila ada.

Baca Juga: Jumlah KPM BPNT Cianjur Berkurang, Pemkab Mulai Verifikasi dan Validasi Ulang DTKS

Alternatif lain, Anda dapat juga melakukan pengaduan melalui Whatsapp ke nomor 0811-1022-210 dengan format pesan: Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat Lengkap (spasi) Aduan. (sis/bbs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button