ABOUT DESAToday

Bantu Ekonomi Masyarakat, BUMDes Waringinsari Resmikan Pasar Rabu

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur meresmikan Pasar Rabu, pada Rabu (7/4/2021) lalu. Hadirnya pasar tersebut diharapkan dapat membantu warga supaya lebih dekat dalam mencari kebutuhan.

Kades Desa Waringinsari Takokak, Nadir Muharam Abdurrahman mengatakan, pasar tersebut didirikan sistemnya kerja sama antara pengelola pasar dengan investor. Jadi tidak didanai dari dana desa (DD).

Sistemnya pasar yang sekarang itu BUMDes unit pengelola pasar bekerja sama dengan investor, dengan skala perjanjian kerjasama yang ada, yang tertera dalam surat perjanjian.

“Dana desa kita kan belum keluar dan perencanaan awal bukan untuk pasar. Tapi untuk kegiatan yang sudah dianggarkan sesuai dengan mekanisme RPJMDes kemarin,” kata dia kepada Cianjur Today, Jumat (9/4/2021).

Nadir menuturkan, sesuai dengan anjuran dari kementerian desa bahwa skala prioritas tahun ini adalah penanganan ekonomi.

“Makannya kami Alhamdulillah mendirikan pasar. Langkah langkah yang kita lalui kemarin memang dari mulai Perdes, semuanya sudah selesai termasuk juga dengan izin izin,” ungkapnya.

Dengan adanya pasar tersebut, Nadir berharap bidang perekonomian bisa lebih di genjot. Karena, ia menyebut, perekonomian sekarang akibat Covid-19 sedang seret, daya beli masyarakat sedang turun.

“Tapi kami berharap dengan adanya pasar ini setidaknya bisa memfasilitasi warga yang awalnya belanja jauh bisa lebih dekat. Ke depannya justru harapan yang lebih besar bisa meningkatkan PADes desa dari pasar itu sendiri dan usaha-usaha BUMDes yang lainnya,” katanya.

Nadir menambahkan, Pasar Rabu di Takokak Cianjur tersebut menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat, dari mulai sayur mayur, sembako, pakaian semuanya ada.

“Cuman lapak yang kami bangun baru sekitar 25 lapak. Untuk pedagangnya sudah mulai banyak yang berdatangan untuk ikut nyewa tempat,” tutupnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button