Today

Bantu Ekonomi Petani, Dinas Pertanian Cianjur Rutin Gelar Pasar Segar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan, dan Holtikultura Kabupaten Cianjur rutin menggelar pasar segar dengan harga terjangkau di halaman kantor dinas. Kegiatan ini dilakukan setiap Jumat dari pukul 08.00 sampai 10.00 WIB dengan menjual berbagai macam hasil bumi seperti sayuran, beras, dan bahan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano, mengatakan, pasar segar itu digelar demi meringankan para petani yang terdampak secara ekonomi selama masa pandemi Covid-19 dari beberapa bulan kebelakang.

“Kita membantu petani khususnya dalam memasarkan kepada masyarakat serta ASN yang ada di lingkungan kantor dinas. Sehingga sayuran yang ditanam atau tidak terjual bisa kita akomodir untuk dibantu pemasarannya,” tuturnya, Jumat (07/08/2020).

Selain membantu para petani, pasar ini dapat kembali menghidupkan perekenomian yang ikut menurun selama pandemi Covid-19. Selain itu, dapat menghidupkan roda ekonomi di hidsng pertanian dan perkebunan.

“Tentunya ini menjadi langkah awal untuk kembali membiasakan berbelanja dari hasil bumi kita (Cianjur) jadi roda ekonomi kembali terbantu.” tukssnya.

Salah seorang pengunjung pasar segar itu, Tini (45) mengaku sedikit terbantu dari kekhawatiran ketahanan dan kualitas sayuran. Ia mengatakan, dengan membeli langsung dari petani, kualitasnya tidak diragukan.

“Tentunya bisa lebih sehat dikonsumsi. Apalagi lagi Covid ini kesehatan menjadi hal yang paling utama di keluarga,” kata dia.

Ia berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini lebih rutin digelar, bukan hanya sayur-sayuran. Selain itu, ada pasar segar lainnya demi membantu masyarakat juga.

“Mungkin ini bisa jadi inovasi yang bagus. Harapannya mungkin nanti bukan hanya sayur-sayuran. Bisa juga ada yang bikin dengan barang yang bervariatif, bisa bantu petani dan UMKM juga.” tukasnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami