Tips, Trik, dan Tutorial

Banyak Korban Meninggal, Nih Sekilas Info Tentang Ular Weling

CIANJURTODAY.COM – Anda harus ekstra hati-hati dengan ular yang satu ini. Ya, ular weling atau Bungarus Candidus merupakan ular berbisa tinggi yang bisa menyebabkan kematian.

Beberapa kasus kematian akibat gigitan ular bewarna putih hitam ini pernah terjadi di Pulau Jawa. Kasus terbaru seorang balita di Cirebon meninggal setelah dipatuk ular weling.

Bocah bernama Adila Oktavia menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (12/2/2020) malam setelah berhari-hari koma. Adila dipatuk di saat tidur. Ia pun sempat mendapatkan perawatan medis di rumah sakit hingga beberapa hari setelah dipatuk.

Selain itu, ular weling juga pernah menyebabkan kematian di Kota Bandung. Andi Ramdani (11) meninggal dunia setelah jari tangannya dipatuk ular weling pada Rabu (22/1/2020) lalu.

Warga Jalan Nagrog, Gang Kramat, RT 04 RW 09, Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung, itu dipatuk ular peliharaan yang dia dapat dari orang tak dikenal. Saat kejadian ibu korban tidak mengetahuinya. Sempat dibawa ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong.

Selain itu, ular weling juga pernah mematuk seorang satpam perumahan di Serpong pada Agustus 2019 lalu. Korban bernama Iskandar meninggal dunia setelah sempat dirawat di rumah sakit.

Ia dipatuk saat mencoba mengamankan ular weling yang masuk ke salah satu rumah warga. Ia mencoba menjepit kepala ular itu dengan tongkat dan menangkapnya dengan tangan kosong. Namun posisi memegangnya kurang tepat, sehingga ular menggigit telunjuknya.

Tentang Ular Weling

Banyaknya kasus gigitan ular weling hingga menyebabkan kematian harus membuat kita hati-hati.   Ular ini mudah sekali ditemukan di Indonesia, dia mempunyai rupa yang hampir sama dengan ular Welang.

Ular ini biasanya sering ditemukan di pinggiran sungai, sawah dan beberapa tempat lembab lain. Ukurannya tidak terlalu panjang, dari ujung kepala hingga ekor yakni sekitar 100 sentimeter, dengan panjang maksimum hingga sekitar 155 sentimeter. Bungarus Candidus termasuk hewan nokturnal atau lebih aktif saat malam hari.

Bisa yang dimiliki sangat berbahaya, bahkan disebut-sebut lebih dari kobra. Racun Neurotoxin akan dikeluarkannya saat merasa terancam.

Tips Mencegah dan Pertolongan Pertama

Nah adapun tips agar anda rumah anda tidak didatangi ular berbagai jenis. Berikut tipsnya.

1 Menggunakan wewangian

Daripada menabur garam, menggunakan wewangian di seluruh ruangan akan lebih efektif mengusir ular.

2 Jaga Kebersihan Rumah

Hal yang paling utama untuk mencegah ular masuk kerumah, yaitu tentu saja keadaan rumah itu sendiri. Rumah yang kotor dan berantakan menjadi tempat favorit bagi ular. Nah maka dari itu, selalu jaga kebersihan rumahmu ya!

1 2Laman berikutnya
Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker