Today

Bawaslu Cianjur Luluskan Kader SKPP

CIANJURTODAY, Cipanas – Bawaslu Kabupaten Cianjur menggelar giat kelulusan kader Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) di Wisma Ciloto, Cipanas, Sabtu (16/11/2019).

Sebelumnya SKPP ini digelar selama lima hari, 12-16 November 2019. Sebanyak 83 kader digembleng dengan pengetahuan kepemiluan, khususnya terkait pengawasan.

Ketua Bawaslu Cianjur, Agus Zawari mengatakan, kegiatan SKPP ini merupakan investasi Bawaslu jangka panjang, artinya tidak hanya dipersiapkan untuk Pilkada saja.

“Kegiatan ini didesain berdimensi jangka panjang,sehingga nanti diharapkan peserta dapat menghasilkan sesuatu yang inovatif juga terkait dengan perkembangan demokrasi” terangnya.

Fokus bawaslu dalam kegiatan ini yaitu para peserta sekolah kader pengawasan partisipatif akan dididik menjadi sukarelawan pengawas dalam Pemilu.

Selain itu, mereka juga mengikuti kegiatan yang di dalamnya berupa diskusi antar siswa tentang pemilu.

“Dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang itu mereka diskusi soal kepemiluan, bahkan ada yang sampai jam 1 malam masih aktif. Ini tentu berperan dalam meningkatkan wawasan mereka juga meningkatkan partisipasi dalam pengawasan pemilihan umum,” tuturnya.

Dirinya berharap, siswa yang lulus SKPP dapat menjadi kader yang mandiri dan mampu membuat transformasi wawasan kepada masyarakat untuk aktif, partisipatif serta cerdas dalam pengembangan demokrasi.

“Peningkatan peran aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan pada pesta Pemilu, diyakini meningkatkan kualitas nilai demokrasi,” pungkasnya.

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami