Berita

Bawaslu Selenggarakan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif

CIANJURUPDATE.COM, Cianjur – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menggelar sosialisasi Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif di Cianjur, Rabu (18/9/2019). Kegiatan ini diikuti belasan organisasi dan komunitas yang berlangsung di Kantor Bawaslu Cianjur.

Komisioner Bawaslu Jawa Barat, Lolly Suhenti, mengatakan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif diselenggarakan di seluruh Jawa Barat pada 23 September 2019 sampai 29 September 2019. Kegiatan ini akan dibagi dalam empat sesi, yaitu tiga hari belajar di kelas, dua hari belajar di lapangan, satu hari presentasi hasi belajar, kemudian satu hari merumuskan rencana pengawasan.

Ia mengungkapkan, sasaran dari sekolah kader paritisaptif ini terbuka untuk berbagai lapisan dengan kriteria usia, kesehatan, dan bukan anggota partai. Namun, hal yang paling penting adalah komitmen dalam melakukan pengawasan.

“Sasarannya sebenarnya terbuka untuk semua lapisan masyarakat dengan beberapa kriteria misalnya usia 19-35, juga harus sehat, bukan anggota partai juga. Tapi, yang terpenting adalah punya komitmen untuk melakukan pengawasan partisipatif,” ujarnya,

Sampai saat ini untuk para calon peserta sekolah kader pengawasan partisipatif ini berasal dari berbagai elemen. Lolly mengungkapkan, berdasarkan pantauan pihaknya, calon peserta sekolah kader ini ada yang berasal dari akademisi sampai pimpinan organisasi.

“Sejauh ini, dari pantauan kami dari calon peserta beragam dari berbagai elemen. Ada yang dari kaum akademisi, ada dari teman-teman mahasiswa. Selain itu ada dari teman-teman pekerja profesional, juga dari teman-teman pimpinan organiasasi,” ucap dia.

Lolly berharap, digelarnya kegiatan ini banyak melahirkan bibit-bibit kader yang mampu melakukan pengawasan di sejumah daerah di Provinsi Jawa Barat.

“Kami berharap dengan diadakannya sekolah kader ini akan menumbuhkan banyaknya bibit-bibit kader yang akan melakukan pengawasan di berbagai daerah di Jawa Barat,” pungkasnya.(ct1)

Reporter: Afsal Muhammad
Editor: M Reza Fauzie

Exit mobile version