Today

Begini Tanggapan Dishub Cianjur Soal Video Kuda Penarik Delman yang Terkapar di Jalan!

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur menanggapi kejadian kuda penarik delman yang jatuh hingga terkapar di Jalan Adi Sucipta Cianjur, pada Rabu (13/1/2021) hingga viral di berbagai media sosial.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kabupaten Cianjur, Hendra Wira menjelaskan, delman termasuk pada angkutan tidak bermotor. Sayangnya, belum ada regulasi mengenai pemeriksaan kelayakan jalan terhadap kuda penarik delman.

“Delman masuk pada angkutan tidak bermotor, masuk ke transportasi. Itu gak ada (uji kelayakan), kalau dulu didata dan ada ketua paguyubannya (bisa diuji),” tuturnya saat ditemui Cianjur Today, Rabu (13/1/2021).

Selain itu, Hendra menjelaskan, pihaknya mengakui lalai dalam mengawasi kelayakan delman. Terlebih setelah adanya kejadian kuda penarik delman yang jatuh hingga terkapar di Cianjur.

“Kita juga lose untuk mengawasinya, terus terang di Dishub Cianjur belum memiliki data pasti untuk delman ini,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, ia mengungkapkan, Dishub Cianjur akan melakukan tindakan persuasif kepada para pemilik delman untuk memperhatikan kesehatan dan perawatan kuda.

“Mungkin ditempuh secara persuasif ke para pemilik delman, karena kalau dilihat kudanya kurus-kurus dan akan diarahkan untuk diberi makan yang layak serta perawatannya harus diperhatikan,” paparnya.

Video Kuda Penarik Delman yang Terkapar di Cianjur Viral

Sebelumnya diberitakan, seekor kuda yang menjadi penarik delman jatuh di Jalan Adi Sucipta (depan Dinas PUPR) Cianjur, pada Rabu (13/1/2021). Diduga, kuda tersebut mengalami kelelahan sehingga tidak mampu untuk menanggung beban.

Berdasarkan video yang diterima Cianjur Today, kuda tersebut terpeleset sampai terkapar, sehingga menghambat arus lalulintas di jalan tersebut. Bahkan terlihat kuda sampai mengeluarkan cairan dari mulut seperti muntah.

Dibantu warga, sang kusir mencoba memindahkan kuda yang terkapar itu ke tepi jalan. Selain itu, delman yang ditempelkan di tubuh kuda itupun dilepaskan. Ketika dibantu untuk berdiri, kuda itu seakan tidak memiliki tenaga untuk bangun.

Setelah itu, terlihat sang kusir mencoba untuk membangunkan kuda itu dengan cara menyambuk sang kuda. Namun, kuda itu hanya bisa membangkitkan bagian depan tubuhnya tanpa bisa berdiri seutuhnya. Namun, akhirnya kuda itu mampu berdiri dan dibawa pulang oleh sang kusir.

Hal inipun mendapatkan banyak respon dari warganet. Banyak di antara mereka yang merasa iba terhadap hewan berkaki empat tersebut. Bahkan ada yang menyarankan untuk tidak lagi memakai kuda untuk transportasi.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker