PendidikanToday

Belajar Jarak Jauh Masih Berlangsung, Disdikbud: Berikan Tugas yang Wajar Saja

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sejumlah siswa yang melaksanakan belajar jarak jauh mengeluhkan tugas yang diberikan terlalu banyak. Terlebih pembelajaran daring membutuhkan kuota dan gawai dalam prosesnya.

Cleo (13) misalnya, siswi SMP di Cianjur ini menyebut, selama satu hari ia bisa diberi lebih dari tiga tugas dengan materi yang berbeda. Hal itu pun membuatnya harus belajar dari pagi hingga malam.

“Kadang tengah malam juga harus segera selesai, karena paginya deadline pengiriman tugas. Terus ditambah lagi tugas di hari berikutnya,” tuturnya kepada Cianjur Today, Senin (24/08/2020).

Dirinya mengaku tidak terkendala soal kuota karena rumahnya dipasang wifi khusus. Namun, ia mengeluhkan waktu mengerjakan tugas yang mepet dengan jumlah banyak.

“Kalau jadwal belajarnya gak seberapa, tapi dengan tugas banyak, waktu online saya bisa menguras waktu cukup banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Moch Asep, mengakui bahwa siswa kadang diberi tugas yang banyak. Ia menyebut, hal itu merupakan kesalahan teknis.

“Kadang terlalu banyak tugas yang diberikan. Tapi setelah mereka dipantau hal seperti itu saya hentikan, sudah yang normatif saja,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Disdikbud Cianjur, Senin (24/08/2020).

Ia pun mengimbau kepada para guru untuk tidak memberikan tugas yang terlalu banyak bagi para siswa. Berikan tugas yang wajar saja kepada siswa.

“Tidak, yang wajar saja. Seperti minimal tiga atau empat. Sebab pelajaran ya tidak hanya satu pelajaran, tapi ada pembelajaran yang lain.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker