Jabar

Benda Asing Melayang di Kota Bandung, BMKG: Bukan Fenomena Meteorologis

CIANJURTODAY.COM, Bandung – Fenomena benda asing melayang di langit Kota Bandung pada Kamis (29/7/2021) warga mengira awalnya benda itu adalah drone.

Fenomena tersebut terjadi di wilayah Pasirkaliki Cicendo Bandung, tepatnya di Jalan Dr Rum pukul 08.30 Wib.

Setelah diamati benda asing tersebut mengeluarkan cahaya dan berbentuk aneh. Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait atas fenomena tersebut.

Berdasarkan observasi cuaca yang dilakukan BMKG Bandung, kondisi atmosfer atau langit dalam kondisi cerah berawan dan kecepatan angin 6 km/jam. Terpantau awan Cirrus (tinggi), dan tidak terpantau adanya awan hujan (Cb).

Benda Asing Melayang di Kota Bandung

Dari data pengamatan tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa fenomena yang terlihat oleh masyakarat di langit di wilayah Pasirkaliki Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis seperti Pelangi, Halo, Aurora atupun fenomena optik lainnya yang terjadi di atmosfer.

Selain itu di wilayah lintang tinggi, biasa terjadi fenomena aurora atau langit dengan berbagai warna yang berpijar.

Berdasarkan hal-hal di atas, maka fenomena dengan ciri benda yang bergerak di angkasa biasanya terkait dengan fenomena antariksa.

“BMKG memastikan bahwa fenomena benda asing di Kota Bandung merupakan fenomena antariksa,” jelas Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, fenomena benda-benda terbang tersebut tidak ada hubungannya dengan musim kemarau.

Adapun fenomena terkait cuaca pada musim kemarau yang umum terjadi adalah suhu rendah di malam hingga pagi hari, dan fenomena embun es di wilayah pegunungan tinggi.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan fenomena-fenomena yang terjadi di atmosfer atau fenomena meteorologis ke lembaga-lembaga pemerintah yang valid.(ct7/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button