Today

Beragam Alasan Pengunjung Pasar Cipanas Tak Pakai Masker

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Meski ada imbauan dari pemerintah, namun ada saja pengunjung Pasar Cipanas yang belum menggunakan masker saat berbelanja. Beragam alasan diungkapkan, seperti tidak punya uang hingga merasa aman karena Cianjur masih zona hijau.

Seorang pengunjung pasar bernama Ani (28), mengatakan bahwa ia hanya memiliki uang untuk berbelanja. Namun belum ada untuk membeli masker.

“Kenapa saya tidak menggunakan masker, yang pertama saya tidak punya uang untuk membeli masker. Untuk uang belanja saja hampir tidak ada,” paparnya saat diwawancar Cianjur Today, Kamis (16/4/2020).

Ia bercerita, awalnya memang suka menggunakan masker. Namun melihat orang banyak tak pakai masker terlihat aman-aman saja.

“Awal-awalnya suka pakai masker, karena melihat bayak orang tidak pake masker terlihat aman-aman saja. Cipanas pun masih aman kan sekarang tidak ada yang terkena virus corona ini,” katanya.

Senada dengan Pian (36), pengunjung pasar lainnya. Ia mengaku tidak memakai masker karena tidak terbiasa walupun di tempat ramai sekalipun.

“Saya bukan tidak menuruti aturan, akan tetapi saya tidak biasa memakai masker dan terkadang risih,” ujarnya.

Ia mengatakan, selagi wilayah Cianjur kususnya Cipanas masih aman atau Zona Hijau, dirinya tidak akan memakai masker. Berbeda jika situasi tidak memungkinkan, ia pun akan memakai masker walaupaun tidak nyaman.

“Ya, mudah-mudahan saja Cipanas ini tidak ada yang terjangkit Virus Corona dan virus ini cepat selesai sebelum Ramadan tiba,” tandasnya.

Tanggapan Kepala UPTD Pasar Cipanas

Menanggapi hal itu, Kepala UPTD Pasar Cipanas, Heru Hairulhakim, mengatakan imbauan penggunaan masker dan hand sanitizer di sudah ada sejak maraknya Covid – 19. Namun masih banyak pedagang dan pengunjung yang belum mengikuti imbauan.

“Akan tetapi memang masih banyak pedagang dan pengunjung pasar yang masih ngeyel tidak menggunakan. Kami sudah langsung turun ke lapangan maupun dengan imbauan melalui speaker,” ujarnya.

Pengelola pasar juga menyediakan tempat pencuci tangan untuk pedagang dan pengunjung pasar. Namun untuk saat ini persediaan hand sanitizer sedang langka.

“Kami bukan tidak menyediakan hand sanitizer. Kami dari awal menyediakan, memang sekarang lagi abis stoknya. Sementara diganti dengan pencuci tangan di setiap gerbang masuk pasar,” katanya.

Ia mengimbau pedagang dan pengunjung pasar agar memakai masker dan sering cuci tangan sebelum dan sesudah belanja.

“Harapan kami sebagai pengelola, Pasar Cipanas terhindar dari Virus Corona. Khususnya rakyat pasar dan pengunjung pasar yang ingin berbelanja,” tandasnya.(ct6/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button