Bisnis Today

Beredar Info Bantuan Finansial BPJS Rp 3.550.000, Cek Faktanya di Sini

CIANJURTODAY.COM – Baru-baru ini menyebar pesan berantai berisi bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.000 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Informasi ini menyebar ke masyarakat, melalui media sosial Facebook dan WhatsApp. Dalam informasi itu disebutkan, bahwa bantuan akan diberikan BPJS Kesehatan kepada kalangan pekerja yang telah bekerja antara 2000-2021, dan dapat diperoleh melalui tautan yang disertakan dalam informasi tersebut.

Dalam keterangannya, tertulis narasi sebagai berikut :

Hoaks bantuan BPJS
Di Facebook

“Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar rp 3.550.000

Periksa apakah nama anda sudah terdaftar untuk menari manfaat

Daftar lengkap
https://bit [dot] ly/3qer2DV,”

Di WhatsApp

“Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.000.

Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat

Daftar lengkap
https://bpjs.club/bantuan/?bpjs”

Saat ditelusuri, kedua link tersebut merupakan Hoaks. Link yang tersebar di WhatsApp sangat terlihat resmi. Saat memasuki laman tersebut, korban akan diminta mengisi 3 pertanyaan searah yang memiliki dua opsi Ya dan Tidak. Setelah itu, akan dinyatakan berhak mendapatkan bantuan, namun harus membagikan link kepada 5 grup atau 20 orang teman.

Adapun pihak BPJS, pada 27 Januari 2021, Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf memastikan informasi bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.00 dari BPJS Kesehatan adalah tidak benar alias hoaks. “Dapat kami pastikan itu hoaks, murni hoaks,” kata Iqbal, saat dihubungi Kompas.com, 27 Januari 2021.

Ia menuturkan, pihak BPJS tidak pernah memberikan bantuan berupa bantuan finansial kepada para peserta BPJS Kesehatan, sebagaimana dinarasikan dalam unggahan tersebut. “BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan-bantuan finansial seperti itu,” kata Iqbal.

Selanjutnya Iqbal mengimbau masyarakat untuk mengakses website resmi, akun media sosial resmi, atau nomor kontak resmi BPJS Kesehatan. “Semua informasi terkait BPJS Kesehatan bisa diakses melalui care center 1500 400 atau ke akun medsos resmi BPJS kesehatan dan website resmi BPJS Kesehatan, bpjs-kesehatan.go.id,” pungkasnya.(ega/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button