Bisnis Today

Berikut 7 Perbedaan Blog dan Website yang Jarang Diketahui

CIANJURTODAY.COM – Anda baru memulai blogging atau baru mulai membuat website? Mungkin sebagian dari anda masih bingung untuk membedakan antara blog dan website. Sebenarnya, apa perbedaan antara blog dan website? Sebelum membahas perbedaan keduanya, anda perlu memahami definisi dari masing-masing platform tersebut.

Website adalah beberapa halaman online yang ditautkan di bawah satu domain, biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintah. Blog adalah kependekan dari weblog yang berisi konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas penulis.

Dari kedua definisi tersebut, mungkin anda sudah mendapatkan sekilas gambaran tentang perbedaan antara blog dan website.

Secara sederhana, website adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk ke semua situs web di internet. Misalnya www.google.com, www.facebook.com, www.wordpress.com, Facebook.com, dan masih banyak lagi contoh website lainnya.

Sedangkan blog merupakan salah satu jenis website yang paling populer karena pengelolaannya yang sederhana, bahkan mudah bagi orang awam. Seringkali blog juga disebut sebagai situs pribadi. Salah satu contohnya seperti Niagahoster Blog.

Analogi sederhananya adalah seperti semua jeruk adalah buah, tetapi tidak semua buah adalah jeruk. Semua blog termasuk dalam website, tetapi tidak semua website adalah blog. Singkatnya, blog adalah jenis website.

Perbedaan Blog dan Website

Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan blog dan website yang mesti anda ketahui.

1. Konten

Perbedaan pertama bisa kita lihat dari segi konten. Umumnya konten blog berisi artikel, video, atau opini tentang satu atau lebih tema yang diminati oleh pemilik blog. Selain itu, sebagian besar konten blog adalah pengalaman, pendapat, atau aktivitas pemilik blog, sesuai dengan definisi blog yang disebutkan sebelumnya. .

Blogger biasanya fokus pada satu konten tema, seperti travel, teknologi, otomotif, fashion, atau parenting. Anda juga bisa membuat blog yang berisi konten dari berbagai tema, yang tentunya juga disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anda.

Sedangkan konten website biasanya berisi informasi penting tentang produk atau jasa. Misalnya, anda dapat membuat website perusahaan yang berisi riwayat, alamat, produk, kontak perusahaan.

Anda juga dapat menggunakan website untuk organisasi, sekolah, lembaga pendidikan, toko online, atau instansi pemerintah.

2. Pembaruan (Update)

Dalam hal pembaruan konten, blog dan situs web berbeda. Blog sering mengupdate kontennya secara berkala, bisa setiap hari, setiap dua hari, atau seminggu sekali. Setiap blog memiliki jadwal update kontennya masing-masing. Oleh karena itu, konten pada blog bersifat dinamis karena selalu diupdate dalam kurun waktu tertentu. Memperbarui konten penting untuk blog karena konten bagaikan urat nadi sebuah blog.

Hal ini berbeda dengan website yang sebagian besar isinya berisi informasi produk atau layanan sehingga pembaruan hanya terjadi ketika ada perubahan informasi produk atau layanan yang diberikan. Oleh karena itu, konten website disebut statis karena tidak selalu memerlukan pembaruan.

3. Arah Komunikasi

Perbedaan selanjutnya antara blog dan website terletak pada arah komunikasinya. Arah komunikasi pada blog bersifat interaktif karena pembaca blog dapat meninggalkan komentar pada setiap artikel atau konten yang dirilis oleh blogger.

Sedangkan arah komunikasi pada website sebagian besar lebih bersifat satu arah karena website biasanya tidak menyediakan kolom komentar pada konten. Website biasanya memilih untuk menyediakan live chat, narahubung (informasi kontak), ataupun akses yang mengarah langsung ke sosial media website tertentu.

4. Berlangganan (Subscribe)

Agar pembaca tidak ketinggalan update konten terbaru, blog biasanya menyediakan tombol berlangganan. Pembaca blog dapat berlangganan melalui RSS Feed untuk diberitahu setiap kali ada konten baru di blog anda.

Beberapa situs web juga menyediakan opsi berlangganan. Namun, tidak seperti blog yang mengirimkan pemberitahuan pembaruan konten baru, situs web biasanya mengirimkan buletin atau katalog yang berisi produk, layanan baru, informasi promo, fitur update, dan lain-lain.

5. Perbedaan Blog dan Website: Gaya Bahasa

Dari segi gaya bahasa yang digunakan juga cukup berbeda. Gaya bahasa blog bervariasi, tidak ada batasan tertentu. Ada yang menggunakan bahasa informal, ada yang menggunakan bahasa formal.

Namun, sebagian besar blog menggunakan kata ganti kedua seperti ‘kamu’, ‘lu’, aku, gue’ untuk membuat konten mereka lebih pribadi. Blog menggunakan gaya bahasa yang lebih personal agar pembaca tidak bosan saat membaca artikel blog.

Sedangkan gaya bahasa yang digunakan oleh website biasanya lebih profesional dan formal karena lebih banyak digunakan untuk keperluan formal seperti instansi pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi, atau perusahaan.

6. Perbedaan Blog dan Website: Pengelola

Perbedaan selanjutnya terlihat dari pengelolaannya. Biasanya blogger mengelola blognya secara mandiri atau bahkan beberapa blog dikelola oleh lebih dari satu penulis blog. Hal itu tergantung kebutuhan pemilik blog dalam mengelola blog miliknya. 

Berbeda dengan blog, website biasanya dikelola oleh tim ahli atau perusahaan yang terdiri dari desainer, editor, developer, dan copywriter. Pengelolaan website tentu sangat terorganisir dan memiliki jobdesknya masing-masing. Biasanya jobdesk yang dipegang pengelola website disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki pengelola website tersebut. Entah ia kebagian di desainer, editor, copywriter, dan lain sebagainya.

7. Pembagian Konten (Content Sharing)

Perbedaan terakhir antara blog dan website terletak pada distribusi atau pembagian konten. Pembagian konten pada blog biasanya berdasarkan tag dan kategori. Misalnya, anda mengategorikan artikel tentang cara hidup sehat dengan konten kesehatan.

Sedangkan distribusi konten pada website biasanya didasarkan pada produk atau jasa yang ditawarkan. Maksudnya, website umumnya membuat kategori berdasarkan layanan atau produk yang ditawarkan. Misalnya, website Ms Glow melakukan pengategorian berdasarkan jenis produk perawatan wajah berupa skincare, bodycare, serum, dan lain-lain. 

Itulah beberapa perbedaan antara blog dan website yang mesti anda pahami untuk kebutuhan anda. Dengan mengetahui beberapa perbedaan di atas, setidaknya anda bisa lebih bijak dalam memilih diantara keduanya mana yang lebih cocok untuk anda gunakan.

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button