Gaya Hidup

Berikut Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh, 20-22 September 2021

CIANJURTODAY.COM – Puasa Ayyamul Bidh dilakukan pada setiap pertengahan bulan yakni 13-15 yang ditentukan berdasarkan kalender hijriyah.

Jadwal:

  • 13 Safar 1443 H jatuh pada tanggal 20 September 2021
  • 14 Safar 1443 H jatuh pada tanggal 21 September 2021
  • 15 Safar 1443 H jatuh pada tanggal 22 September 2021

Itu berarti, mulai Senin 20 September 2021, Anda sudah bisa melaksanakan puasa sesuai dengan jadwal di atas.

Niat:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala”.

Artinya: “Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta’ala”.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah dan merupakan salah satu shaum yang ditunaikan oleh Rasulullah setiap pertengahan bulan.

Puasa ini juga diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw dan disebut juga dengan “Puasa hari-hari putih” karena bertepatan dengan bulan Purnama.

Mengutip buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunnah Rekomendasi Rasulullah, yang ditulis oleh Amirullah Syarbini dan Sumantri Jamhari (2012) menjelaskan, Rasulullah memberikan nasihat kepada sahabat dekatnya, Abu Hurairah RA, untuk mengerjakan puasa sunnah pada hari-hari putih.

Sebagaimana tercatat dalam hadist berikut:

“Rasulullah Saw berpesan kepadaku tiga hal, yaitu berpuasa setiap hari pada setiap bulan, mengerjakan dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur,” (HR. Bukhari Muslim).

Berdasarkan informasi dari buku karangan Miftahul Achyar Kertamuda, M.Pd (2020), puasa Ayyamul Bidh dikerjakan sebanyak tiga hari di bulan Hijriyah setiap tanggal 13, 14, dan 15.

Adapun hadits yang mendasarinya, yaitu: Dari Ibnu Milhan Al Qoisy, dari ayahnya, ia berkata:

“Rasulullah Saw biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan dari beliau bersabda, “Puasa Ayyamul Bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud no. 2249 dan An Nasai no. 2434)

Selain itu, melakukan puasa selama tiga hari ini setara dengan melaksanakan puasa sepanjang masa, berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Muttafaq Alaih.(ct7/sis)

Sumber: Suara.com

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button