CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Ratusan kilogram sampah penyebab banjir diangkut dari msaluran air atau gorong-gorong di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Pembersihan saluran air di jalan protokol itu dilakukan sejak Senin (13/1/2020) sampai Selasa (14/1/2020).

Koordinator K3 Cipanas, Dede Ichsan, mengatakan dalam dua hari pembersihan sampah yang diangkut sekitar 500 kilogram. Jenisnya beragam, dari organik sampai anorganik.

“Jenisnya banyak, ada karpet, kasur lipat, kayu, sampai pakaian dan sampah rumah tangga,” paparnya kepada Cianjur Today, Selasa (14/1/2020).

Sampah tersebut dipastikan menjadi penyebab banjir di Cipanas. Banyak oknum masyarakat yang membuang sampah ke gorong-gorong atau saluran air.

“Oh iya tentu saja menyebabkan banjir, karena kebanyakan warga membuang sampah itu tidak ke tempat sampah. Melainkan ke irigasi dan ke gorong-gorong,” tambahnya.

Selain sampah, saluran air atau gorong-gorong pun semakin sempit dengan adanya kabel.

Akibatnya air meluap dan menyebabkan banjir di sekitar jalanan Cipanas.

“Drainasenya yaitu di Desa Cipanas Kecamatan Cipanas. Sampahnya dikumpulkan dulu, ditarik sama truk pengangkut sampah. Langsung dibawa ke TPA Pasir Sembung,” tuturnya.

Dede berharap, kesadaran membuang sampah pada tempatnya semakin ditingkatkan. Sinergi antara masyarakat dan pemerintah pun sangat dibutuhkan.

“Saling bersinergi dalam penanganan lingkungan terutama sampah. Kelalaian dalam penanganan sampah dapat menimbulkan bencana seperti banjir dan lain-lain,” tandasnya.(ct6/rez)