Today

BLT UMKM Tahun 2022 Akan Segera Disalurkan? Cek Eform.bri.co.id

CIANJURTODAY.COM – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan saat jumpa pers, Minggu 16 Januari 2022, bahwa BLT UMKM 2022 akan disalurkan kembali untuk pelaku usaha Pedagang Kaki Lima(PKL), warung dan nelayan.

Airlangga mengungkapkan, BLT UMKM akan di berikan kepada Pengusaha yang telah terdaftar di https://eform.bri.co.id.

Besaran bantuan UMKM yang di berikan adalah sebesar Rp600 ribu, sedangkan jumlah penerima BLT UMKM akan memperkirakan capai 2,76 juta keluarga,” papar Airlangga.

Airlangga mengungkapkan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM akan kembali di cairkan serta telah melalui persetujuan Presiden Jokowi.

Dia menambahkan, bahwa penerima bantuan harus melengkapi berkas persyaratan agar dapat melakukan daftar BLT UMKM 2022 Online.

Baca Juga: Kapan Bantuan UMKM Cair? Cek aja eform.bri.co.id Sekarang

Cara Daftar BLT UMKM 2022

  1. Penerima bantuan membawa berkas lengkap ke dinas Koperasi dan UMKM sesuai domisilinya.
  2. Mengisi data formulir yang telah tersedia.
  3. Proses pengajuan BLT UMKM atau BPUM akan di lakukan verifikasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM serta Instansi atau lembaga terkait.
  4. Jika berhasil dan terdaftar sebagai penerima, maka penerima akan menerima notifikasi lebih lanjut.

Baca Juga: Eform bri.co.id/Bpum Cek NIK biar dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Untuk melakukan cek, Anda terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan BPUM dapat melalui melalui link https://eform.bri.co.id/bpum dengan memasukan NIK anda.

Berikut cara untuk melakukan cek penerima bantuan BLT UMKM BPUM 2022.

BLT UMKM 2021 Sebelumnya Cair Rp 1,2 Juta

Cek bantuan BLT UMKM 2022 sesuai dengan petunjuk, sebelumnya pada tahap pertama BLT UMKM cair pada Maret 2021, dengan. Besaran bantuan sebesar Rp1,2 juta atau lebih kecil dibanding sebelumnya yakni sebesar Rp2,4 juta.

Pada tahap kedua cara melakukan cek daftar penerima BLT UMKM yakni melalui eform.bri.co.id/bpum. Caranya sebagai berikut:

Cek Penerima UMKM BRI 2022 Tahap 3

  1. mengakses situs di alamat eform.bri.co.id/bpum secara langsung.
  2. Masukkan data Nomor KTP dan Kode Verifikasi pada kolom yang tersedia.
  3. Klik ‘Proses Inquiry’ dan layar akan memperlihatkan keterangan apakah pengguna terdaftar atau tidak.
  4. Selain melalui website, cek BPUM BRI juga dikabari langsung melalui SMS ke pelaku UMKM terkait. Bila mendapatkan SMS, artinya penerima terdaftar sebagai penerima.
  5. Bagi penerima UMKM yang belum masuk sebagai penerima BLT UMKM bisa melakukan pendaftaran.

Sebelumnya Cara Daftar BLT UMKM 2021 Sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran ke Dinas Koperasi dan UKM kabupaten atau kota dengan melampirkan bukti memiliki usaha mikro dari pengusul secara offline maupun online.
  2. Kementerian Koperasi bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  3. akan melakukan penilaian kelayakan.
  4. Jika pelaku UMKM dinilai layak, maka BLT UMKM langsung ditransfer ke rekening penerima bantuan. Namun, sebelum itu penerima harus memenuhi syarat.Para pelaku UMKM tidak sedang menerima kredit dari perbankan.
  5. Pelaku UMKM adalah WNI.
  6. Punya NIK.
  7. Memiliki UKM yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul sebagai lampiran.
  8. Bukan ASN/PNS, anggota TNI/POLRI, atau pegawai BUMN/BUMD.
  9. Waspada penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan form online Banpres Produktif Usaha Mikro. Jangan berikan data pribadi Anda melalui alamat website manapun.

Uang tersebut akan disalurkan langsung oleh bank penyalur yang telah ditunjuk pemerintah, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) E-form BRI UMKM 2022, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan Bank Syariah Mandiri (BSM).Penerima BLT UMKM juga akan diinformasikan melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur.

Penerima BPUM juga harus melengkapi dokumen terdiri dari: Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan atau Kuasa Penerima dana BPUM.
Dikutip dari indonesia.go.id, selain BRI, pemerintah juga menunjuk bank BNI dan Bank Syariah Mandiri sebagai bank penyalur Banpres Produktif. Penerima juga harus memiliki buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.

Bagi usaha mikro dan kecil yang belum memiliki rekening ketiga bank tersebut akan dibuatkan di cabang bank tempat pencairan bantuan.Tidak ada biaya administrasi dan pengembalian terhadap banpres produktif, karena bantuan ini merupakan dana hibah, bukan pinjaman ataupun kredit.

Penerima tidak dipungut biaya sepeser pun dalam penyaluran banpres produktif untuk usaha mikro

Nilai bantuan yang sudah disalurkan masih sebesar Rp 23,4 triliun atau 81,19 persen dari jumlah yang ditargetkan. Sementara jumlah pelaku UMKM yang sudah mendapatkan bantuan baru 9,7 juta pelaku usaha mikro dan sisanya sedang diproses.

Program ini diperuntukkan hanya bagi pelaku UMKM yang masih unbankable. Sementara bagi UMKM yang sudah menjangkau fasilitas perbankan, dapat mengakses program bantuan kredit perbankan maupun lembaga pembiayaan lainnya.

Bantuan ini diberikan satu kali dalam bentuk uang sejumlah Rp 2,4 juta untuk pelaku Usaha Mikro yang memenuhi kriteria tertentu.

Jika ingin mendapakan bantuan tersebut, syarat dan cara dapatnya calon penerima BPUM diusulkan oleh pengusul Banpres Produktif usaha mikro.

Pengusul Banpres BPUM, yakni:

Dinas yang membidang Koperasi dan UKM Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum Kementerian/Lembaga Perbankan dan perasahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK Bila ingin mendapatkan bantuan ini diharapkan segera mendaftar dengan cara mengajukan diri ke kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten/kota di wilayah masing-masing.(*)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button