Today

BPBD Merekap Ada 264 Rumah Terdampak Banjir Sindangbarang

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur merekap sebanyak 264 rumah warga di Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang yang terendam banjir pada Minggu (25/10/2020) malam lalu.

“Kondisi saat ini di Sindangbarang alhamdulillah kondusif, karena pada malam itu juga air sudah surut,” ujar Sekretaris BPBD, Moch Irfan Sofyan saat di wawancara Cianjur Today, Selasa (27/10/2020).

Irfan menjelaskan, banjir tersebut diakibatkan hujan deras yang membuat air di sungai Ciwaduk meluap ke rumah warga.

“Kami punya Relawan Tangguh Bencana (Retana) yang tersebar di 32 kecamatan dan 360 desa yang menjadi posko siaga bencana. Sehingga penanggulangan bencana dapat diantisipasi secepat mungkin,” paparnya.

Pihaknya mengungkapkan, dalam setiap kegiatan apel siaga bencana, selalu memberikan instruksi kepada 1.832 orang anggota Retana agar siap dalam setiap kondisi bencana yang akan terjadi.

“Ada dua bencana di wilayah Cianjur selatan yang kerap menjadi titik rawan bencana. Bencana banjir terjadi di daerah yang dekat dengan bantaran sungai dan bencana longsor hampir terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur,” ungkapnya.

Menurutnya, meskipun di masa pandemi ini, bantuan terus datang mengalir dari berbagai pihak. Baik dari pemerintah, swasta, komunitas, maupun warga yang turut peduli membantu meringankan beban para korban.

“Kami menghimbau kepada warga agar selalu tetap waspada di waktu-waktu sekarang ini, terutama musim hujan yang sudah datang,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker