Gaya Hidup

Bubur Ayam Cianjur Makanan Legendaris Jawa Barat, Dijamin Bikin Nagih

CIANJUR TODAY Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan yang khas dan menjadi ikon tersendiri bagi daerah tersebut. Salah satunya ialah bubur ayam cianjur, sebuah makanan khas asli kota santri tersebut. 

Bubur merupakan makanan olahan dari nasi yang dilembutkan. Biasanya penyajian bubur tak hanya sebatas itu saja, ada juga beberapa modifikasi bubur yang diberi topping lauk diatasnya. Kadang berupa ayam, kedelai, daun seledri, ati, ampela dan masih banyak yang lain. 

Bubur Ayam Cianjur

Jika kamu berkunjung ke kota santri kamu harus mencoba makanan khas satu ini. Jika kebanyakan bubur yang dimasak memiliki olahan topping seperti diatas, bubur cianjur satu ini memiliki penampilan yang cukup menarik.

Baca Juga: Lima Kuliner Khas Cianjur, Nomor Empat Bikin Ketagihan

Bubur ayam cianjur memiliki bahan pelengkap berupa kaldu ayam, biasanya berwarna kuning dan dibubuhkan setelah bubur siap disajikan. Sebelumnya bubur terlebih dahulu diberi topping ayam dan kacang kedelai untuk memperkuat rasa. Jika kamu pernah memakan bubur, mungkin jika diaduk bubur tersebut akan berwarna kecoklatan. Tetapi lain halnya dengan bubur ayam cianjur, bubur ini justru berwarna kekuningan.

Baca Juga: Resep Ikan Bakar Cianjur yang Enak dan Cara Mudah Membuatnya

Tak hanya diberi topping diatasnya, bubur ayam cianjur memiliki bahan pelengkap yang khas. Berupa kacang kedelai, bawang goreng dan irisan seledri di dalamnya. Setelah semua matang, sang penjual akan menambahi kerupuk kuning, irisan usus, ati, rempela dan biasanya ditambahkan risol tergantung jenis penjualnya. Tetapi kebanyakan para penjual menghiasinya seperti itu.

Untuk rasanya sendiri, bubur ayam cianjur memiliki citarasa yang asin. Hal ini dipengaruhi oleh pengunaan kaldu ayam di dalamnya. Untuk kaldu ayam ini sendiri, beberapa penjual biasanya membuatnya dari rebusan ayam yang telah masak dengan campuran rempah-rempah berwarna kekuningan.

Baca Juga: Cerita Bubur Ayam Cianjur dengan Kecap Asin dan Kroket

Para pembeli yang tidak suka kaldu ayam biasanya akan digantikan dengan kecap manis dan tambahan ayam suwir. 

Beberapa olahan makanan Indonesia mempunyai citarasa yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut, salah satunya ialah bubur ayam cianjur. Kita sebagai penerus bangsa harus melestarikan keragaman budaya benda berupa kuliner tersebut agar tidak hilang tergerus zaman.

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks