Today

Budhy: Cianjur Masuk Potensi Prioritas Pengembangan Udang Vaname

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Anggota Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan mengungkapkan, udang vaname menjadi potensi yang bisa digali atau dikembangkan oleh Pemkab Cianjur.

Menurutnya, ini sangat potensial untuk dikembangman namun kembali ke pemerintah daerah.

“Sekarang tinggal pemerintah daerahnya saja, mau jemput bola apa tidak? Karena ini sangat potensial,” paparnya.

Budhy Setiawan mengaku siap menjadi jembatan antara Pemkab Cianjur dan Kementerian KKP agar potensi tersebut dapat mendorong perekonomian di wilayah selatan.

“Cianjur itu masuk dalam potensi prioritas pengembangan udang vaname,” kata dia.

Direktur Produksi Budidaya dan Usaha Budidaya KKP, Arik Hari Wibowo mengatakan, Menteri KKP, Wahyu Sakti bersama pimpinan KKP lainnya tengah mendorong program pengembangan budidaya potensi laut.

Arik mengungkapkan, di Kabupaten Canjur pihaknya mengembangkan budi daya udang vaname. Lokasinya di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun dengan luas sekitar 4,5 hektare di KRPH Cipandak dan BKPH Sindangbarang.

“Ini kita harapkan bisa menyejahterakan masyarakat yang mengelola juga bisa menjadi percontohan bahwa budi daya udang itu menjadi alternatif meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Laut di Kabupaten Cianjur, lanjut Arik, memiliki banyak potensi. Menurutnya, sangat disayangkan jika potensi tersebut dibiarkan, sebab selain bisa jadi contoh, bisa menyejahterakan masyarakat.

“Bersama Pemkab juga kami terus saling mendukung dan bekerja sama. Untuk membesarkan budi daya tidak bisa sendirian. Harus bersinergi melibatkan lembaga lain seperti PLN, pertanahan, dan kehutanan karena di Cianjur itu menggunakan tanah hutan sosial,” tandasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button