Nasional

Budhy Setiawan Gelar Reses dengan Kelompok Tani Hutan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Anggota DPR-RI Komisi IV Fraksi Partai Golkar, Budhy Setiawan, menggelar reses dengan dialog bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) dari empat kecamatan di Kabupaten Cianjur, Minggu (8/8/2020). Peserta berasal dari Kecamatan Campaka, Campakamulya, Sukanagara, dan Takokak.

Kegiatan berlangsung yang berlangsung di Wana Wisata Gunung Goong ini merupakan salah satu bagian reses masa sidang dua dari 5 sampai 9 Maret 2020. Peserta yang hadir merupakan masyarakat yang tinggal di sekiratan hutan dan terhimpun kedalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Dalam agenda dialog ini Budhy Setiawan juga menyampaikan mengenai pentingnya hutan sebagai fungsi ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Ia menegaskan kembali mengenai program perhutanan sosial yang dapat menjadi kesempatan yang baik. Terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat terkhusus masyarakat sekitaran hutan.

Jujun Juanda selaku penggagas acara dan juga koordinator LMDH Kabupaten Cianjur, mengaku sangat senang dengan kedatangan Budhy Setiawan selaku anggota DPR-RI Komisi IV.
Salah satu program kehutanan yang disalurkan ke Kabupaten Cianjur oleh Budhy adalah program Kebon Bibit Rakyat (KBR) dan Program Bang Pesona.

Kedua program ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar hutan terkait soal rehabilitasi hutan dan lahan kritis. Kegiatan penghijauan lingkungan, serta manfaat ekonomi lain dari aktivitas ternak rakyat di sekitar hutan.

Budhy juga menjelaskan bahwa masyarakat dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah untuk pengelolaan hutan. Masyarakat dapat mempergunakan lahan hutan di sekitar rumah untuk kepentingan produksi pertanian atau penanaman pohon guna kepentingan usaha.(rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button