Today

Budhy Setiawan Terima Kunjungan DPRD Cianjur, Siap Perjuangkan Aspirasi

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Sebelas anggota Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur melakukan kunjungan kerja ke Komisi IV DPR RI, Selasa (26/11/2019). Rombongan diterima langsung oleh Pimpinan Rapat, Budhy Setiawan, yang juga merupakan Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi B DPRD Cianjur menyampaikan delapan permohonan ke Komisi IV, untuk selanjutnya disampaikan ke Kementerian terkait. Delapan permohonan tersebut di antaranya:

1 Memperjuangkan kepada Kementerian Pertanian untuk meningkatkan dan memberikan dukungan bantuan fasilitasi alat pertanian, permodalan, serta program afirmasi lain ke petani. Hal itu dengan pertimbangan untuk mengurangi beban produksi serta meningkatkan kesejahteraan petani, yang bisa terlihat dari angka nilai tukar petani yang meningkat.

2 Memperjuangkan ke Kementerian Pertanian untuk memprioritaskan bantuan program cetak sawah baru.

3 Memperjuangkan revisi Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah, terutama soal sumber daya kelautan. Hal ini supaya kewenangan pengelolaan potensi kelautan dikembalikan kepada pemda kabupaten yakni 0-4 mil. Mengingat saat ini kewenangan laut 0-12 mil berada di provinsi.

4 Memperjuangkan aspirasi dan usulan-usalan dari tim kunker ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk memberikan perhatian khusus mengenai pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana. Seperti Pelabuhan Perikanan Jayanti di Kecamatan Cidaun dan pemecah gelombang (breakwater).

5 Memperjuangkan bantuan falsilitasi kapal tangkap ikan dan atau pemberian permodalan kepada nelayan Kabupaten Cianjur ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

6 Bersama-sama dengan kementrian terkait menggalakan program rehabilitasi penanaman benih magrove/bakau di kawasan pantai Cianjur selatan.

7 Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program Citarum Harum. Hal itu karena ada indikasi mengabaikan hak-hak atau kepentingan nelayan dalam mendapatkan konpensasi yang layak akibat pencemaran industri.

8 Memberikan solusi terhadap polemik di masyarakat akibat banyaknya penebangan tanaman di sekitar Danau Cirata. Ini menimbulkan pendangkalan sehingga berdampak pada budidaya ikan Keramba Jaring Apung (KJA).

Budhy Setiawan Siap Perjuangkan Aspirasi

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Golkar, Budhy Setiawan mengatakan ia mencatat seluruh masukan tersebut. Rencananya akan dibahas dan dicarikan solusi bersama mitra kerja, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan Rapat Kerja dengan kementerian terkait.

“Saya konsen terhadap nilai tukar petani, karena itu untuk meningkatkannya perlu daya dukung fasilitas,” tuturnya.

Budhy juga menuturkan, ia akan membawa program ke daerah yang membutuhkan. “Saya akan menggiring program pogram yang bermanfaat untuk petani dan nelayan ke daerah yang membutuhkan,” tambahnya.(rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks