CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur melayani pencairan Program Keluarga Harapan (PKH). Dengan begitu, penerima manfaat di beberapa desa yang ada di Kecamatan Pacet dan Cipanas tidak perlu antre di bank.

Direktur BUMDes Karya Mandiri, Asbim Misbahuddin, mengatakan, untuk saat ini pihaknya bekerja sama dengan salah satu bank yang ditunjuk. Pihaknya juga diarahkan supaya bisa membantu pencairan para KPM.

“Intinya kami berupaya membantu warga yang menerima bansos. Jangan sampai ada kesimpangsiuran antara si penerima dengan program yang ada. Jadi pencairannya tidak dikolektifkan, tapi langsung oleh KPM,” kata dia kepada Cianjur Today, Kamis (17/6/2020).

Pendamping PKH Desa Sindangjaya, Dodi Muhammad Susilo, menambahkan, dengan adanya fasilitas yang diberikan BUMDes Karya Mandiri, diharapkan bisa mengurangi beban operasional KPM saat akan melakukan pencairan.

“Jadi jangan sampai beban yang selama ini ditanggung KPM, lebih besar dibanding bantuan yang ada. Apakah bagi warga yang belum paham tentang teknis pencairan jika harus ke ATM,” katanya.

Salah seoranb penerima PKH, Diah, mengatakan bantuan diterima dalam bentuk uang. Namun untuk mengambil bantuan ini harus menggunakan kartu dan digesek ke mesin yang sudah disediakan. “Jadi enak gak sepeti kemarin-harus ke bank di Cipanas. Sekarang bisa di gedung atau di mana saja yang sudah disediakan petugas,” tuturnya.

Ia pun bersyukur menerima bantuan untuk kehidupan sehari-hari. “Sangat membantu meski belum bisa cukup menutup kebutuhan selama sebulan. Enaknya bisa diambil di sini, gak harus ke bank di Cipanas,” ujarnya.(ct6/rez)