ABOUT DESA

Bupati Cianjur: TMMD Sangat Membantu, Bermanfaat bagi Masyarakat

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengapresiasi seluruh kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 yang berlangsung di Desa Ciandam, Kecamatan Mande.

Hal itu diungkapkannya dalam acara penutupan kegiatan TMMD yang dihadiri Forkopimda di Pendopo Cianjur, Rabu (14/7/2021).

“Hasil TMMD tersebut Insyaallah akan sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di Desa Ciandam Kecamatan Mande,” kata Herman.

Herman juga menyampaikan terima kasih kepada Kodam III/Siliwangi atas dipilihnya Kabupaten Cianjur sebagai tempat dilaksanakannya TMMD ke-111 Tahun 2021.

“Pelaksanaan TMMD ini sungguh sangat membantu Pemerintah Kabupaten Cianjur karena sejalan dengan visi misi dan program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Cianjur. Salah satunya berupa Program 1000 Km Jalan Beton,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima penggunaan jalan beton sepanjang 2.426 meter hasil pekerjaan Satgas TMMD oleh Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav Ricky Arinuryadi kepada Bupati Cianjur.

Selain hasil betonisasi jalan penghubung antar-desa, Dandim juga menyerahkan hasil kegiatan TMMD lainnya yang dilaksanakan di Desa Ciandam.

Di antaranya dua unit gorong-gorong, tanggul penahan tanah sepanjang 247 meter, dan lima unit hasil renovasi rutilahu. Kemudian satu unit hasil rehab mesjid jami, satu unit hasil rehab madrasah, dua unit MCK, dan dua unit pos ronda.

“Semua hasil pembangunan tersebut kami serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk dimanfaatkan penggunaannya oleh masyarakat,” kata Dandim.

Serahkan Kunci Hasil Renovasi Rutilahu

Penutupan Program TMMD juga ditandai dengan beberapa kegiatan, termasuk pemberian kunci kepada pemilik rumah tidak layak huni (rutilahu) secara simbolis.

Kasrem 061/SK Kolonel Inf. Mahesa Fitriadi yang didampingi Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav. Ricky Arinuryadi menhunjungi lokasi TMMD.

Selain memberikan simbolis berupa kunci, TNI juga memberi tempat tidur demi kenyamanan para penghuni rumah yang telah dibangun dalam program tersebut.

Pada kesempatan itu Kolonel Inf. Mahesa mengatakan bahwa pembangunan dalam program TMMD ke-111 di Desa Ciandam sangat baik dan maksimal.

Ia berharap dengan adanya pembangunan, masyarakat Desa Ciandam dapat merawat dan menjaga apa yang telah dibangun dalam program tahunan itu.

“Saya berharap apa yang telah dibangun seperti mesjid, MCK, Pos Ronda, betonisasi jalan, rumah layak huni dapat dirawat dengan baik,” tuturnya.(rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button