Today

Buruan! Pendaftaran BPUM 2021 Masih Dibuka, Ribuan Warga Cianjur Dapat Bantuan 1,2 Juta

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pendaftaran BPUM Kabupaten Cianjur tahun 2021 masih dibuka di link bit.ly/BPUMCianjur2021. Sudah ada puluhan ribu warga yang mendapatkan bantuan sebesar Rp1,2 juta.

Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, Indra Sunggara mengatakan, pendaftaran pada link tersebut berlaku hingga Mei sampai menunggu ketentuan dari Kemenkop UKM.

“Jadi dari Kemenkop UKM sendiri belum ada ketentuan sampai kapan beresnya, tapi yang jelas selama kuotanya masih ada itu masih dibuka,” tuturnya kepada Cianjur Today Selasa, (4/5/2021).

Indra mengatakan, dapat bantuan atau tidaknya warga Cianjur yang mendaftar di link bit.ly/BPUMCianjur2021 ditentukan langsung oleh Kemenkop UKM. Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur hanya sebagai pengusul.

“Jadi kita mengusulkan UMKM terutama usaha mikro yang berhak untuk memenuhi syarat. Masalah dapat atau tidaknya itu adalah pihak Kementeriankop UKM,” ujarnya.

Buruan! Pendaftaran BPUM 2021 Masih Dibuka, Ribuan Warga Cianjur Sudah Dapat Bantuan 1,2 Juta
Buruan! Pendaftaran BPUM 2021 Masih Dibuka, Ribuan Warga Cianjur Sudah Dapat Bantuan 1,2 Juta

Waktu antara pengajuan atau pendaftaran hingga pencairan juga ditentukan oleh kementerian. Bagi yang mendapatkan, nani akan dilakukan verifikasi oleh bank penyalur.

“Tapi untuk yang sudah-sudah itu tidak lama. Dari pendaftaran itu satu bulan atau dua bulan sudah mendapatkan SK, baru ada pencairan. Makannya kalau sudah terdaftar ada SK di info ke BRI, atau BRI sudah ada tinggal membawa KTP lalu menandatangani surat SPTJM,” ucapnya.

Pendafataran Masih Dibuka, Ada Ribuan Warga Cianjur Terima BPUM

Berdasarkan data, jumlah masyarakat yang mendapatkan BPUM di Kabupaten Cianjur pada tahun 2020 kurang lebih ada 119 ribu. Kuota saat ini masih menunggu.

“Untuk tahun sekarang 2021 yang mendapatkan BPUM baru 90 ribuan, itu sudah kita usulkan lagi dan masih nunggu,” bebernya.

Indra menambahkan, tujuan BPUM untuk pemulihan ekonomi nasional dampak dari Covid-19. Adanya bantuan diharapkan bisa membangktkan kembali UMKM.

Ia berpesan, warga penerima bantuan dapat menggunakan uang untuk pengembangan usahanya.

“Katakanlah berjualan gorengan bisa menjadi modal, dan pengembangan untuk usaha sendiri agar lebih maju dan berkembang,” pungkasnya.

Baca berita seputar BPUM di link ini. Anda juga bisa daftar dengan klik di sini.(ct9/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button