Today

Buruh Cianjur Tetap Unjuk Rasa Tuntut Naikkan UMK 2021

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Aliansi Buruh Cianjur (ABC) tetap akan menggelar unjuk rasa untuk menuntut kenaikan UMK 2021 setelah sebelumnya audiensi bersama Pjs Bupati Cianjur dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur pada Selasa (24/11/2020) malam berakhir deadlock.

Perwakilan Pimpinan ABC, Hendra Malik mengatakan, dari hasil audiensi tersebut Pjs Bupati Cianjur menyatakan sudah tak bisa membantu buruh Cianjur untuk menaikan UMK 2021 sebesar 8 persen.

Selain itu, apabila UMK bisa naik per triwulan pertama dan kedua, Hendra menilai, hal itu terlalu lama dan memang Cianjur tidak masuk dalam kriteria tersebut.

“Besok jadi demo dengan massa sekitar 17.000 orang. Targetnya itu Pendopo Cianjur Disnakertrans Jabar, gedung sate. Besok di sini (Pendopo, red) dulu,” tuturnya kepada Cianjur Today, Selasa (24/11/2020).

Sementara itu, Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat mengatakan UMK 2021 tidak naik karena sejumlah pertimbangan seperti data makro, pertumbuhan ekonomi, inflasi, peluang investasi dan lain sebagainya.

“Terus perusahaan juga ada yang mengurangi pegawai ada yang shifting dan lain sebagainya, itu menurut saya pertimbangan yang logis,” kata dia.

Selain itu, di situasi pandemi Covid-19, ekonomi masih bisa bertahan pun sudah sangat baik. Mengingat, secara nasional banyak pula perusahaan yang tutup.

“Di Cianjur juga ada beberapa perusahaan besar ada yang mengurangi aktifitansya,” sebutnya.

Menanggapi unjuk rasa yang tetap akan digelar pada Rabu (25/11/2020), Dudi mengatakan, pihaknya telah rapat bersama Forkopimda dan menyusun SOP mengenai penanganan unjuk rasa itu.

“Kalau dari kita inginnya tegas, akan kerja sama dengan TNI Polri dan sebagainya tentu kita kalau bisa mencegah,” kata dia.

Ia pun menegaskan unjuk rasa tersebut harus dibubarkan dan langsung menjalani rapid test. Mengingat kerumunan yang banyak pasti akan terjadi.

“Kalau bisa dibubarkan, diswab karena kita juga bukan nggak boleh demo tapi ini situasi darurat,” tegasnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami