Liburan Kemana Hari Ini

Butuh Liburan? Nih 10 Destinasi Wisata Keren di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Selain dikenal sebagai penghasil beras yang memiliki aroma pandan, Cianjur memiliki pesona wisata alam yang menakjubkan. Ada beragam objek wisata unggulan di dalamnya.

Dengan topografi pegunungan, tidak heran kalau kawasan Cianjur senantiasa dikelilingi udara yang sejuk. Kebanyakan wilayah Cianjur didominasi oleh pegunungan, menjadikan Cianjur memiliki wisata alam yang memanjakan mata. Terlebih sebagai destinasi wisata.

Wisatawan yang mendengar destinasi wisata Cianjur pasti yang ada di dalam pikirannya adalah objek wisata di puncak. Memang, sih, selain Bogor, Cianjur pun termasuk ke kawasan puncak. Maka dari itu, buat kamu warga Cianjur atau yang sedang singgah di Kota Santri ini, dapat mengunjungi keindahan alam Cianjur ini.

Berikut Cianjurtoday.com rangkum dari berbagai sumber, rekomendasi tempat wisata Cianjur yang cocok banget buat dikunjungj.

Kebun Raya Cibodas

Foto: Internet

Jangan tanya lagi, keindahan alam yang ada di tempat ini pasti membuat wisatawan gak mau pulang. Kebun Raya Cibodas terletak di Desa Rarahan, Desa Cimacam, Kecamatan Cipanas.

Udara sejuk yang menyegarkan seluruh tubuh di kawasan disebabkan karena letak Cibodas yang berada di ketinggian.

Gunung Gede

Foto: Internet

Ini dia salah satu gunung favorit para pendaki. Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Gunung Gede kerap menjadi destinasi wisata alam yang sangat diminati pecinta alam.

Dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 3.000 mdpl, gunung ini memiliki suhu rata-rata mencapai 18 derajat celsius saat di siang hari. Kalau di malam hari dapat mencapai 5 derajat celcius.

Gunung Padang

Foto: Internet

Mau berwisata sambil melihat situs batu bersejarah? Gunung Padang jawabannya. Gunung Padang berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur.

Di tempat ini kamu akan dimanjakan dengan peninggalan sejarah purbakala, yaitu punden berundak dengan luas bangunan 900 m2. Destinasi wisata yang satu ini adalah situs megalitik yang konon masih menyimpan benda-benda purbakala yang terkubur di bawahnya.

Curug Citambur

Foto: Internet

Siang-siang panas? Yuk, ke Curug Citambur. Destinasi wisata ini menjadi salah satu yang terkenal dan begitu diminati wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

Air terjun dengan tinggi 100 meter ini berada di daerah Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur. Keindahan alam yang disajikan menjadikan wisata alam ini wajib masuk ke dalam weekend list kamu, lho.

Perkebunan Teh Penyiaran

Foto: Internet

Nyari tempat buat foto-foto? Ada, kok. Datang aja ke Perkebunan Teh Penyiaran. Destinasi wisata keluarga ini berada di Jalan Raya Campaka, Kecamatan Campaka dan Sukanagara, jaraknya sekitar 35 km dari Kota Cianjur.

Dengan ketinggian rata-rata 800-1100 mdpl dan luas sekitar 1000 hektar, tempat ini cocok dijadikan tempat berfoto di Cianjur.

Telaga Biru

Foto: Internet

Di Cianjur ada telaga berwarna biru? Ada, kok. Destinasi wisata ini juga begitu diminati oleh pengunjung Taman Nasional Gunung Gede. Telaga Biru ini memiliki air yang berwarna kebiruan karena tertutup oleh ganggang biru. Inilah alasan mengapa tempat wisata ini dinamai Telaga Biru.

Sungai Cikundul

Foto: Internet

Ingin yang lebih menantang? Sungai Cikundul adalah pilihan yang pas. Sungai berarus deras ini sangat cocok sebagai wahana arung jeram yang memacu adrenalin. Jangan heran kalau Sungai Cikundul menjadi tempat wisata favorit di Cianjur yang ramai dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Cibeureum

Foto: Internet

Masih ada air terjun selain Curug Citambur? Ada dong. Banyak! Air terjun Cibeureum wajib kamu catat ke dalam weekend list kamu. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede. Dengan memiliki ketinggian sekitar 50 meter, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan mengesankan.

Tirta Jangari

Foto: Internet

Berwisata sambil makan-makan? Bisa kok. Terletak di Desa Bobojong, Kecamatan Mande yang berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Cianjur. Tirta Jangari menyajikan keindahan panorama alam dan air waduk Cirata.

Bukan cuma itu, di sini kamu pun bisa menikmati beragam kuliner khas Cianjur seperti nasi liwet, sambal dadak dengan lalapan dan ikan bakar.

Danau Leuwi Soro

Foto: Internet

Piknik keluarga dengan suasana alam? Danau Leuwi Soro cocok, tuh. Berada di Kecamatan Pagelaran, Cianjur, danau ini membawa suasana yang sangat alami.

Air danau yang sangat jernih dan tenang, serta rindangnya pepohonan yang menjadikan pemandangan danau menjadi lebih menarik.

Tertarik mengunjungi tempat-tempat ini? Kuy keun aja! Selain objek wisatanya indah, ongkosnya juga murah. Dijamin bikin kamu ingin liburan lagi dan lagi ke Cianjur!(ct1/bbs)

Penulis: Afsal Muhammad

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker