Today

CAI Beberkan ‘Permainan’ Barjas dan Dinkes Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Kabupaten Cianjur diduga bersekongkol dalam lelang pembangunan Puskesmas Campaka. Cianjur Aktivis Independen (CAI) menduga kuat persekongkolan yang dilakukan oknum Barjas dan oknum Dinkes Cianjur tersebut.

Direktur Eksekutif CAI, Farid Sandi mengatakan terdapat sejumlah keburukan yang dilakukan Barjas untuk memperkuat dugaan persekongkolan Barjas dan Dinkes Cianjur tersebut.

Pertama, Farid mengatakan persayaratan Sertifikat Keahlian Kerja (SKT) dan Surat Keterampilan Kerja (SKT) tidak berdasarkan peraturan.

“Banyak persyaratan SKT dan SKA yang tidak berdasarkan Permen PU Nomor 7 tahun 2019 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa Melalui Jasa Penyedia,” tuturnya kepada Cianjur Today, Senin (28/10/2019).

Kedua, Farid mengatakan bahwa jadwal lelang tidak konsisten dan tidak beralasan dalam merubah jadwa. “Jadwal lelang yang berubah-ubah dan tidak mencantumkan alasan dalam perubahan jadwal,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Farid, nilai penawaran dari pemenang tender terlalu rendah dan tidak rasional. “Sehingga akan berdampak terhadap speak dan volume pekerjaan,” kata dia.

Selanjutnya, batasan waktu yang tidak masuk akal. Farid mengatakan bahwa pelaksanaan harus selesai dalam jangka waktu 60 hari. “Kami rasa tidak masuk nalar logika dengan kondisi guyuran hujan hari-hari ini,” ucapnya.

“Kelima, dugaan bocoran dokumen yang diberikan oleh oknum Dinkes Cianjur yaitu dr Irfan yang membuat lengkapnya skenario persekongkolan dalam lelang,” kata dia.

Berdasarkan pernyataan tersebut, Farid mendesak untuk dilakukan audit forensik dalam pengadaan barang dan jasa.

“Kami sudah laporkan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa pusat untuk dilakukan pemeriksaan.” tandasnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami