Today

CAI: Pemotongan Honor KPPS di Pilkada Cianjur Harus Ditindak Tegas

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pusat Kajian dan Advokasi Masyarakat, Cianjur Aktivis Independen (CAI) menanggapi isu pemotongan honor KPPS karena dipaksa membeli kaos jelang Pilkada Cianjur 2020 yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020, besok.

Direktur CAI, Farid Sandi mengatakan, KPPS merupakan ujung tombak dalam Pilkada Cianjur 2020 dan menjadi salah satu penyelenggara tingkat bawah yang harusnya mendapat upah yang layak.

“Kesejahteraan harus sebanding dengan beban kerja yang lumayan melelahkan dan mempunyai tanggung jawab yang berat. Tetapi ini malah diperas dengan dipotongnya sejumlah honor melalui pembelian baju secara paksa dan ilegal,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (8/12/2020).

Ia menyebut, hal ini justru membuat para anggota KPPS tertindas dalam kesejahteraan dan tidak sebanding dengan beban kerja KPPS. Farid menduga, penjualan kaos ini dilakukan secara masif di setiap kecamatan yang melibatkan KPU Cianjur.

“Kami sangat prihatin atas kejadian ini dan berharap sekaligus mendesak Kejaksaan Cianjur untuk memeriksa perkara ini,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mendesak melalui laporan resmi disertai bukti. Ia menilai, oknum yang ‘bermain’ harus ditindak tegas.

“Jelas ini pelanggaran karena tidak adanya ketentuan di dalam PKPU maupun undang-undang Pemilu. Ini kategori korupsi yang terjadi di lingkungan Penyelenggara KPU dalam pesta Demokrasi Pemilihan Bupati Cianjur,” tegasnya.

Farid yakin hal ini ada campur tangan oknum KPU Cianjur. Pihaknya pun akan memperdalam investigasi agar perkara ini bisa diselesaikan.

“Secara tegas oknum yang terlibat akan mendapatkan hukuman yang tegas,” tandasnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami