Tips, Trik, dan Tutorial

Calon Ibu Harus Tahu, Ini Tujuh Tanda Awal Kehamilan

CIANJURTODAY.COM – Menjalin pernikahan menjadi tonggak kuat untuk sebuah pasangan melanjutkan keturunan. Mengharapkan kehadiran sosok baru dalam hidup kedunya, sebagai penyempurna kebahagiaan.

Impian seorang suami akan berlanjut, berharap bisa menjadi seorang ayah. Menjadi sorang ibu merupakan impian setiap wanita, dengan kehadiran buah hatinya.

Sebagian besar wanita terutama para pengatin baru biasanya belum begitu mengenal bagaimana tanda- tanda awal kehamilan. Ini menjadi hal penting dan harus diperhatikan, karena kebanyakan wanita pada awalnya tidak menyadari secara langsung.

Salah satu faktor yang merupakan hal baru dalam dirinya, yang harus dirasakan. Namun bagi para wanita, yaitu sebagai calon ibu wajib mengetahui, dan memahami tanda- tanda awal kehamilan berikut ini.

1 Amenorrhea (Tidak Menstruasi)

Hal yang sangat mendasar, ketika seorang wanita mengalami awal kehamilan tentu diawali dengan tidak mengalami mestruasi atau haid. Menstruasi tidak terjadi karena adanya proses pembuahan dalam rahim.

Namun terkadang sebagian wanita tidak langsung menyadari akan kehamilannya. Kebanyakan dari mereka berfikir hanya mengalami telat datang bulan (menstruasi), dan tidak langsung berfikir dirinya sedang mengalami awal kehamilan.

Karena terjadinya telat datang bulan memang sering terjadi pada sebagian besar wanita, dengan berbagai sebab. Mulai dari yang dikarenakan mengalami stres, keadaan psikis, atau terlalu lelah.

2 Perubahan Fisik

Sedikit sulit dirasakan dan disadari, hal ini tentu terjadi. Perlahan perubahan fisik terjadi dengan perlahan dan cukup disadari oleh wanita yang mengalami kehamilan.

Salah satu contohnya adalah perubahan pada payudara, ukurannya yang lebih besar dari saat sebelum mengalami kehamilan. Hal ini merupakan hal wajar karena merupakan produksi hormon estrogen dan homon progesteron dalam tubuh calon ibu. Ini bermanfaat untuk persiapan memproduksi air susu untuk calon bayi Anda nanti.

3 Lebih Peka Bau

Ibu hamil biasanya lebih peka terhadap bau, terutama saat hamil muda. Aroma yang tak begitu pekat pun, terkadang menjadi begitu tajam pada wanita hamil.

Beberapa keadaanpun banyak wanita hamil terutama hamil muda, yang terganggu terhadap suatu aroma/ bau tertentu. Dengan beraksi sangat tak suka dan merasa terganggu, atau bahkan membuatnya terasa mual.

4 Mual dan Muntah

Penciuman yang sensitif menjadi salah satu pemicu rasa mual, terutama saat mencium aroma yang tidak disukai. Pada umumnya mual dirasa sangat berat di pagi hari, yang disebut dalam istilah medis disebut morning sickness.

Selain itu, pemicu mual saat hamil disebabkan oleh peningkatan hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) yang secara tiba-tiba ada dalam aliran darah dan saluran kemih.

Peningkatan hormon HCG ini dapat menyebabkan rasa pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Akan tetapi itu tidak perlu khawatir sebab timbulnya rasa mual dan muntah ini menunjukkan proses kehamilan bertumbuh dengan baik.

5 Mengalami Kram dan Perdarahan

Wanita yang mengalami hamil muda terkadang mengalami kram pada bagian bawah perut. Kram yang dialami ini menyerupai kram ketika haid.

Itu sebabnya, sebagian wanita tidak menyadari bahwa dirinya mulai hamil. Selain itu, mungkin akan mengalami pendarahan implantasi berupa bercak-bercak. Kondisi ini disebabkan oleh proses menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

6 Nafsu Makan Berubah

Keadaan yang cukup mudah dipahami adalah pola makan atau nafsu makan sang ibu yang berubah. Hal ini sering terjadi dan menjadi hal yang wajar.

Pada beberapa kasus kehamilan, nafsu makan wanita cenderung meningkat (craving of hunger). Namun dalam beberapa kasus, ada juga ibu hamil yang nafsu makannya justru menurun, terutama pada awal kehamilan.

Salah satu faktornya adalah kondisi mual tadi, sering dirasakan oleh sebagian wanita saat masa hamil muda. Meskipun mengalami mual, tapi seorang wanita hamil harus tetap menjaga asupannya. Sangat penting bagi diri dan kehamilanya.

7 Mudah Lelah dan Berubah Suasana Hati

Mudah merasa lelah disebabkan oleh perubahan hormonal dan akibat bertambahnya kinerja beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru. Organ-organ penting tersebut tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu saja, tetapi juga membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang di dalam perut.

Pada masa kehamilan, hormon HCG memang akan meningkat sehingga membuat ibu hamil mudah lelah. Tak hanya itu, hal ini juga yang memicu perubahan mood atau suasana hati secara drastis. Itu sebabnya, ibu hamil cenderung lebih sensitif terutama pada trimester awal kehamilan.

Bahkan hal kecil dan sepele sekalipun dapat membuat ibu hamil merasa jengkel dan lebih mudah emosi.

Beberapa hal tersebut menjadi keharusan untuk diketahui dan dipahami oleh para wanita, terutama yang sedang menunggu kehadiran buah hatinya. Sebagai pengetahuan dasar yang bisa di rasakan, pada saat awal kehamilan.

Untuk memberi keyakinan, anda juga bisa menggunakan alat tes kehamilan atau memeriksakan diri ke dokter.(*)

Penulis: Siti Nurlaela

Foto: pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker