Gaya Hidup

Calon Sarjana Diduga Plagiat Karya JT

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Youtuber Indonesia Calon sarjana diduga menjiplak atau plagiat salah satu karya dari seorang youtuber bernama JT. Karya yang diduga hasil plagiat tersebut adalah ‘Parlophone Records, Channel Youtube No #1 yang Mengalahkan T-Series, Piewdiepie, dll..’.

Mengetahui ada yang menjiplak karyanya, JT langsung membuat sebuah video berjudul ‘YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video… (#1 Indonesian YouTuber)’ yang diunggah Rabu (06/11/2019) kemarin. Dalam video tersebut, JT menjelaskan bahwa karya Calon Sarjana adalah plagiat dari karya miliknya.

“Semua mereka buat, mereka buat thumbnail, mereka melakukan riset, ketika itu benar-benar mencuri dari saya,” kata JT dalam video unggahannya.

Selain itu, JT mengatakan bahwa kontennya kerap dicuri oleh sejumah youtuber kecil. Namun, ia terkejut karena Calon Sarjana adalah youtuber terbesar di Indonesia.

“Konten saya biasanya dicuri oleh youtuber kecil namun saya bilang untuk menghapusnya dan itu hal yang normal, tapi dia adalah youtuber terbesar di Indonesia dan sekarang dia mencuri konten saya,” kata dia.

Jadi Nominasi Panasonic Gobel Award

Namun, Kanal Youtube Calon Sarjana malah menjadi nominasi untuk kategori kreator konten digital terfavorit dalam penghargaan Panasonic Gobel Award. Sontak hal tersebut membuat warganet Twitter mempertanyakan kualitas konten milik Calon Sarjana yang dinilai plagiat.

Sejumlah warganet ada yang mencibir apa yang dilakukan Calon Sarjana, namun ada pula yang sudah menganggap sudah menjadi rahasia umum bahwa kanal youtube tersebut mencuri konten orang lain.

” Lahhhhh kan kontennya Calon Sarjana emang nyomot-nyomotin konten orang, heran kenapa pada baru tau pas ada kasusnya? Bahkan sempet mikir kenapa dia bisa jadi ‘nominasi penghargaan content creator’.” tulis akun @yuliae.

“Calon sarjana, sumpah? Creator content dari mana anjir, video aja dari punya orang. Terus dia bahas gitu sampe masuk nominasi? Gak paham lagi,” tulis akun @captainjozz.

“Punten. Ini yang masuk nominasi kok justru bukan yang memang benar-benar content creator sih?” tulis akun @nuraina_putrip.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Calon Sarjana mengenai dugaan plagiat yang seperti dalam video unggahan JT.(afs)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker