Tips, Trik, dan Tutorial

Cara Cek Data Mahasiswa di Forlap Dikti

Cara cek data mahasiswa di Forlap Dikti. Setiap institusi pendidikan yang bernaung di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Pendidikan Tinggi, diwajibkan untuk melaporkan seluruh kegiatan akademik ke Kemristek Dikti melalui laman PDDIKTI (Forlap Dikti).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban, institusi pendidikan dalam bentuk pelaporan data mahasiswa beserta dengan kegiatan akademik. Database PDDIKTI ini, nantinya juga dapat digunakan sebagai rujukan pada lulusan institusi perguruan tinggi, dalam mendapatkan pengakuan atas capaian selama melaksanakan kegiatan akademik.

Sebagaimana diketahui, jika sesorang dikatakan mahasiswa atau lulusan yang datanya tidak tercantum dalam laman PDPT Dikti (Forlap Dikti) maka identitasnya sebagai mahasiswa akan diragukan.

Cara Cek Data Mahasiswa di Forlap Dikti

Mengikuti zaman yang semakin berkembang, kini data mahasiswa juga dapat dilihat melalui internet oleh perorangan. Berikut Cianjur Today ulas cara cek data mahasiswa di Forlap Dikti melalui android atau ponsel.

  • Pertama kunjungi laman https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa
  • Selanjutnya Anda akan menemukan tampilan laman. Pada bagian ini akan ada dua opsi pengisian, pertama adalah Login Sistem dan selanjutnya adalah Pencarian Data Mahasiswa. Maka pilih pencarian data mahasiswa.
  • Setelah itu akan ada beberapa intruksi pengisian. Pertama adalah nama Perguruan tinggi, lalu nama mahasiswa yang datanya ingin di cek beserta program pendidikan yang diambil. Kemudian terakhir adalah kode pengaman, berupa soal hitungan Matematika.
  • Isi semua data dengan benar. Lalu klik pilihan “cari mahasiswa” pada bagian bawah angket.
  • Setelah itu akan muncul data kemahasiswaan kamu.

Nah itulah cara cek data mahasiswa melalui Forlap Dikti. Semoga bermanfaat!(ega/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker