Today

Cara Daftar BLT Subsidi BBM Rp 600 Ribu Secara Online Dengan Mudah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Untuk warga Cianjur yang ingin mencoba mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi BBM sebesar Rp 600 ribu, Cianjur Today akan bagikan cara mudah daftar dengan aplikasi Cek Bansos.

Sebelumnya menteri keuangan Sri Mulyani mengumumkan melalui siaran pers resmi bahwa pada September 2022, pemerintah akan menyalurkan BLT Subsidi BBM kepada masyarakat.

BLT BBM ini disalurkan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM, agar daya beli warga tetap terjaga.

Menurut Menkeu pemerintah telah anggarkan dana BLT BBM senilai Rp 12,4 triliun yang tersalurkan kepada masyarakat terdampak.

Lalu bagaimana cara agar masyarakat bisa daftar secara langsung agar bisa dapat BLT BBM dari pemerintah dengan aplikasi Cek Bansos.

Baca Juga:

Tahapan Cara daftar BLT Subsidi BBM Secara Online:

  1. Pertama download dan instal Aplikasi Cek Bansos di Play Store.
  2. Kemudian klik tombol menu “Daftar Usulan”.
  3. Setelah itu klik tombol “Tambah Usulan”.
  4. Lalu isi formulir data diri sesuai dengan data pada Kartu Keluarga.
  5. Selanjutnya, klik menu “Pilih Jenis Bantuan Sosial”
  6. Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH).
  7. Apabila NIK terdaftar di data DTKS, maka Anda akan di minta untuk mengunggah 2 foto, swafoto dengan KTP serta rumah tampak depan.
Cara Daftar BLT Subsidi BBM Rp 600 Ribu Secara Online

Nah, setelah berhasil melakukan pendaftaran pemerintah akan membagikan BLT Subsidi BBM ini kepada penerimanya melalui PT Pos Indonesia dan Himbara.

Kemensos juga akan lakukan verifikasi ulang lagi pada data penerima bansos di lapangan melalui petugasnya. Nantinya program ini akan di salurkan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yang nantinya akan memperoleh dana masing-masing Rp 600 ribu.

Dalam mekanismenya penerima akan menyalurkan sebanyak 4 bulan dengan nilai 150 ribu, namun penyalurannya akan di berikan setiap dua bulan sekali. Pemberian BLT akan berlangsung selama 4 bulan, mulai bulan September hingga Desember 2022.

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button