Pendidikan

Cara Daftar DTKS Kemensos, Syarat dan Berikut Penjelasannya

CIANJURTODAY.COM – Cara daftar DTKS Kemensos merupakan langkah mudah mendapat bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI secara langsung. Bantuan sosial ini mulai dilakukan setelah pemerintah memutuskan untuk Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4.

Masyarakat yang terdampak dari PPKM Level pada masa pandemi Covid-19 2022 akan mendapat bantuan dari pemerintah. Hal menarik dari program DTKS Kemensos adalah penerima bantuan yang merupakan keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS)

Apakah masih bisa daftar DTKS online 2022?

Sebelum mengetahui cara daftar DTKS Kemensos terlebih dahulu mengenal tentang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. DTKS ini meliputi Pemerlu, Pelayanan Kesejahteraan Sosial(PPKS).

Di samping itu, juga menyangkut Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial( PSKS). Dalam perkembangannya DTKS memuat penduduk yang memiliki kesejahteraan sosial rendah dapat menerima BSTdan PKH

Hal menarik dari DTKS Kemensos ini kemudian menjadi acuan kementerian sosial dalam menentukan penerima bansos, termasuk PKH dan BPNT. Hanya yang memenuhi syarat saja yang bisa dimasukkan dalam DTKS Kemensos.

Syarat Masyarakat Masuk dalam DTKS Kemensos

Ketika ingin mendaftar dalam program DTKS Kemensos perlu memperhatikan beberapa hal dan memenuhi persyarakat yang telah ditentukan antara lain

Ia merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI kemudian miskin atau rentan miskin dan bukan ASN,PNS atau Polri dan TNI. Jika memenuhi kriteria di atas kemungkinan bisa diterima bila mendaftar DTKS Kemensos.

Bagaimana Cara Daftar di DTKS Kemensos?

Setelah persyaratan terpenuhi bisa melakukan pendaftaran baik dengan aplikasi cek Bansos atau datang langsung ke kantor kelurahan setempat berikut cara pendaftaran lewat aplikasi Cek Bansos

Terlebih dahulu install aplikasi cek Bansos di Play Store dari perangkat handphone. Jika berhasil unduh kemudian buka aplikasi pilih buat akun baru dengan menggunakan nama sesuai KTP.

Sesudah itu, akan dibawa pada sebuah laman berisi formulir data diri. Isi data sesuai petunjuk terus tulis email dan nomor handphone serta buat juga username tidak lupa password.

Unggah foto diri beserta foto KTP tengah memegang KTP. Bila sudah yakin foto dan data diisi secara benar lanjutkan klik buat akun baru. Tunggulah sebentar proses pendaftaran sedang berlangsung.

Pendaftaran berhasil bila mendapat kode verifikasi yang dikirimkan lewat email dan sudah didaftarkan sebelumnya. Jika mendapat kode lakukan segera verifikasi dengan memasukkan kode dikirim lewat email.

Langkah berikutnya setelah kode verifikasi dalam cara daftar DTKS Kemensos berhasil akan mendapatkan akses layanan menu kemudian klik menu daftar usulan. Maka kembali menemukan formulir data diri pada kolom dan isi sesuai petunjuk yang tertulid di kolom.

Tentukan dan pilih jenis yang ingin diusulkan, maka Kemensos akan kembali melakukan proses verifikasi maupun validasi menentukan apakah data pengusul tersebut layak masuk dalam DTKS Kemensos.

Selain menggunakan aplikasi juga dapat daftar secara langsung dengan datang membawa KTP dan KK. Pihak kelurahan akan membahas kondisi warga yang masuk dalam DTKS.
Jika layak akan masuk data dilakukan proses verifikasi maupun validasi data terus diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial(SIKS) oleh operator desa.

Selanjutnya data diinput kembali pihak Dinas Sosial tingkat Kabupaten kemudian diteruskan ke Gubernur dan Menteri. Jika berhasil akan memperoleh bantuan dari pemerintah cair.

Itulah cara daftar DTKS Kemensos yang dapat menambah pengetahuan dan inspirasi. Pastikan data yang didaftarkan tersebut benar sehingga peluang memperoleh bantuan dari pemerintah dipastikan bisa didapat.(nin)

Artikel Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami