Today

Cara Dapat Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta dari Kemensos, Login dtks.kemensos.go.id

CIANJURTODAY.COM – Pemerintah melalui Kementerian Sosial, telah menyiapkan anggaran bantuan sosial
modal usaha bagi para pelaku UMKM.

Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang gagal mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Kemenkop sebelumnya. Namun pastikan Anda terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bansos ini akan diberikan pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah digraduasi oleh Kemensos. Nantinya, para penerima manfaat akan mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp3,5 juta.

Adapun untuk mendapatkannya, calon penerima harus memenuhi beberapa syarat di bawah ini:

  1. Warga miskin/rentan miskin
  2. Anggota KPM PKH yang sudah digraduasi
  3. Punya usaha

Berdasarkan data, saat ini ada sekitar 10.000 KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha terdampak pandemi. Mereka telah dibantu dengan uang senilai Rp500 ribu, per KPM. Sehingga total anggarannya mencapai Rp5 miliar sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU).

“Rintisan usaha yang dikelola KPM PKH Graduasi ini adalah usaha ultra mikro,” kata Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam keterangan resminya dilansir di laman kemensos.go.id, Sabtu (21/11/2020).

Adapun KPM PKH Graduasi yaitu adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan miskin, namun graduasi karena beberapa komponennya tidak memenuhi.

Bantuan ini diharapkan membuat rintisan usaha ultra mikro KPM PKH Graduasi terus bertahan di tengah sulitnya ekonomi. Jenis usaha yang berhak mendapatkan program bantuan ini adalah usaha kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian, dan peternakan.

Calon penerima bantuan ini dapat segera mengecek apakah terdata atau tidak dengan login di dtks.kemensos.go.id.(ega/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker